Didampingi Miranti, Lestari Moerdijat Kunjungi Batik Kudus Desa Langgardalem

Dewan Pembina Sahabat Lestari, Lestari Moerdijat (paling kiri) saat berada di sentra batik Kudus, di Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Senin (25/2/2019).

SIGIJATENG.ID, Kudus – Dewan Pembina Sahabat Lestari, Lestari Moerdijat mengunjungi sentra batik Kudus, di Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Senin (25/2/2019). Caleg Partai Nasdem DPR RI Nomor 1 Dapil Jateng 2 (Kudus, Jepara dan Demak) ini sangat mengagumi keindahan batik dari Kota Kretek ini.

Lestari Moerdijat adalah seorang wanita yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap kerajinan batik tradisional Indonesia, yang salah satunya adalah batik Kudus.

“Batiknya bagus-bagus. Batik Kudus punya corak dan ciri khas tersendiri,” kata Lestari Moerdijat.

Menurut Lestari Moerdijat, batik Kudus ini adalah salah satu kerajinan asli dan mahakarya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. “Dalam upaya melestarikan dan pengembangan batik Kudus ini dibutuhkan kerja sama semua pihak. Pemerintah, dewan dan juga pengusaha batik sendiri harus berjalan bersama dan kompak,” terangnya.

Kunjungan Lestari Moerdijat ke sentra batik Kudus adalah dalam rangka ingin mengetahui lebih jauh mengenai kerajinan batik. Dan kunjungannya ke sentra batik Kudus di Desa Langgardalem ini dengan disertai oleh Miranti, seorang wanita yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam mempopulerkan dan mengangkat seni batik Kudus ke kancah dunia.

Dalam kesempatan itu, salah satu kunjungan Lestari Moerdijat adalah ke Omah Batik-Ku yang dikelola oleh Fadloli. Sebuah industri kerajinan batik Kudus yang telah berdiri beberapa generasi. Dalam kunjungan tersebut mereka berdiskusi mengenai tantangan dan solusi dalam mengembangkan industri batik Kudus agar bisa lebih mendunia dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Setelah di Omah Batik-Ku, kunjungan dilanjutkan juga dengan berkeliling kampung batik Desa Langgardalem berkunjung ke beberapa gallery batik yang ada di desa itu.

“Saya berkomitmen jika terpilih untuk lebih memperhatikan para pengrajin batik tradisional di Kudus,” katanya. 

Sementara, Fadloli menyampaikan  tidak banyak calon wakil rakyat yang peduli terhadap perkembangan batik Kudus. Akan tetapi ternyata Lestari Moerdijat, tidak hanya peduli tetapi, melainkan sudah puluhan tahun menjadi penggemar dan sekaligus kolektor batik. “Ya harapan kami, jika beliau terpilih akan membantu untuk mengembangkan industri batik Kudus,” kata Fadloli.  (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here