Rampung di tingkat PPK Lanjut di tingkat Kabupaten, Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dipastikan Ditandatangani Saksi dan PPK

Suasana rekapitulasi suara Pemilu 2024 di tingkat PPK. Foto : dok.sigijateng.id

Batang (sigijateng.id) – Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 15 wilayah kecamatan di Kabupaten Batang telah selesai.

Ketua KPU Kabupaten Batang, Susanto Waluyo menyatakan, proses rekapitulasi berjalan sesuai dengan aturan berlaku. Setelah proses rekapitulasi di tingkat PPK selesai, selanjutnya menuju proses rekapitulasi di tingkat kabupaten pada tanggal 28 dan 29 Februari 2024.

“Rapat pleno terbuka akan digelar untuk menetapkan hasil penghitungan suara untuk pilpres dan pileg,” ujar Waluyo, Minggu (25/2).

Pihaknya juga memastikan tidak ada perbedaan antara hasil yang dibacakan oleh TPS dengan hasil yang dibacakan oleh PPS dan PPK. Selain itu semua hasil telah ditandatangani oleh saksi dan PPK.

“Kami mengawasi setiap langkah penghitungan suara yang dilakukan oleh TPS, PPS, dan PPK. Kami juga memastikan semua hasil telah ditandatangani oleh saksi dan PPK,” tegas Waluyo.

Dijelaskan untuk Kecamatan Batang merupakan kecamatan terakhir menyelesaikan proses rekapitulasi.

Hal ini disebabkan oleh jumlah desa dan kelurahan paling banyak di kabupaten tersebut, yaitu 21. Selain itu, jumlah TPS di kecamatan Batang juga mencapai 399.

“Meskipun demikian, proses rekapitulasi di kecamatan Batang tidak mengalami kendala yang berarti. Kami hanya menemukan beberapa kesalahan penempatan antara laki-laki dan perempuan di DPT, tetapi itu tidak mempengaruhi hasil akhir,” tutur Waluyo.

Waluyo menegaskan, hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten akan segera dikirimkan ke KPU Provinsi dan kemudian ke KPU Pusat.

Ia berharap, tidak ada persoalan mengganggu proses rekapitulasi di tingkat lebih tinggi.

“Kami akan fokus pada rekapitulasi ini sampai selesai. Kami berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi dalam penyelenggaraan pemilu 2024,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini