Kronologi Kecelakaan Bus Rosalia Indah di KM 370 Tol Batang-Semarang, Polisi : Sopir Diduga Alami Microsleep

Polisi menggelar konferensi pers terkait peristiwa kecelakaan maut Bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Tol Batang-Semarang di RSI Weleri Kendal. Foto: Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Peristiwa kecelakaan tunggal melibatkan bus PO Rosalia Indah terjadi di Km 370 A atau ruas Tol Batang-Semarang. Akibatnya 7 orang dinyatakan meninggal dunia, sedangkan 15 orang penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Seluruh korban akibat kecelakaan tersebut di evakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Islam (RSI) Weleri Kendal Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Satake Bayu membenarkan kejadian ini. Menurutnya, saat kejadian bus mengangkut total 34 orang. Satake menyebut bus berpenumpang 34 orang itu masuk ke parit sepanjang 200 meter. Polisi tengah menyelidiki kejadian ini.

“Pengakuan pengemudi bus PO Rosalia Indah nopol AD 7019 OA berjalan dari arah barat ke timur, di lajur kiri. Sesampainya di Km 370+200 jalur A bus Rosalia Indah keluar dari jalan masuk ke parit sepanjang 200 meter,” jelasnya.

Pihak polisi menduga sopir bus Rosalia Indah yang terlibat kecelakaan tunggal di Tol Batang KM 370 lelah atau mengantuk. Sopir diduga mengalami microsleep.

“Keterangan dari saksi terutama pengemudi ini mungkin keterangannya adalah dari awal sudah kelelahan jadi kemungkinan, ini kemungkinan terjadi microsleep sehingga terjadi kecelakaan tunggal,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan di RSI Weleri, Kendal, Kamis (11/4/2024).

Meski begitu, pihaknya masih akan melakukan identifikasi untuk mencari penyebab kecelakaan tersebut. Nantinya, olah TKP akan melibatkan TAA Polda Jateng dan Polres Batang.

Dia menyebut sopir juga sempat mengganti kendaraan yang dia bawa di KM 227. Meski begitu, belum diketahui kerusakan apa yang terjadi hingga dilakukan penggantian armada.

“Keterangan dari pengemudi bus ya itu, mengantuk atau lelah. Itu sebenarnya mobil sempat ganti di KM 227, tapi driver atau pengemudinya tidak berganti jadi dari Bekasi (Pondok Ungu) dengan tujuan ke Jawa Timur,” jelasnya.

Seperti diketahui kecelakaan tunggal yang melibatkan bus Rosalia Indah terjadi di KM 370 pada pukul 06.35 WIB. 7 orang tewas dan 17 harus dilarikan ke IGD akibat kecelakaan itu. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini