Inilah Amalan yang Dianjurkan Pada Malam Nisfu Syaban Dan Berikut  Keutamannya

Ilustrasi: Amalan yang Dianjurkan Pada Malam Nisfu Syaban

SIGIJATENG.ID – Malam Nisfu Syaban merupakan malam istimewa yang memiliki sejumlah keutamaan.

Nisfu Syaban adalah istilah dalam bahasa Arab yang dapat diterjemahkan sebagai “pertengahan bulan Syaban”.

Malam Nisfu Syaban 2024 atau malam Nisfu Syaban 1445 Hijriah jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024 hingga malam Minggu 25 Februari 2024.

Malam Nisfu Syaban dijadikan momentum sebagai peringatan bagi umat Islam untuk kembali meningkatkan amalan dan ibadah menyambut datangnya bulan Ramadhan yang tinggal setengah bulan lagi.

Lalu amalan apa saja yang baik dilakukan di malam Nifsu Syaban.

Berikut ini amalan yang dianjurkan bagi umat muslim untuk dilakukan di malam Nisfu Syaban:

1, Membaca Surah Yasin 3 Kali

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca surah Yasin sebanyak 3 kali secara berturut-turut pada malam Nisfu Syaban. Setiap bacaannya memiliki niat yang berbeda.

Surat Yasin dibaca 3 kali, masing-masing dengan niat:

Bacaan surah Yasin pertama diniatkan untuk meminta umur panjang yang diisi dengan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Bacaan surah Yasin Kedua diniatkan agar dijaga dari marabahaya serta diberi rezeki yang halal.

Bacaan surah Yasin yang terakhir diniatkan agar hati selalu merasa cukup dan dianugerahi husnul khatimah. Adapun waktu yang paling baik untuk membacanya yaitu setelah salat Maghrib.

  1. Membaca Doa Nabi Adam AS

Amalan selanjutnya adalah berdoa di malam Nisfu Syaban. Di antara doa nabi yang sering dikutip oleh para ulama adalah doa Nabi Adam As.

Ketika turun ke bumi, thawaf tujuh kali di Ka’bah, dan salat dua rakaat di belakang maqam, Nabi Adam AS. membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّي وَعَلَانِيَتِي فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِي، وَتَعْلَمُ حَاجَتِي فَأَعْطِنِي سُؤَلِي، وَتَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي ذَنْبِي اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا يُبَاشِرُقَلْبِيْوَيَقِيْنَا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَا يُصِيبُنِي إِلَّا مَا كَتَبْتَ لِي وَرَضِنِي بِقَضَائِكَ.

Arab Latin: Allaahumma innaka ta’lama sirrii wa ‘alaaniyati faqbal ma’dzirati, wata’lamu haajatii fa’thinii suaa-li, wata’lamu maa fii nafsii faghfir lii dzambii. Allaahumma innii as-aluka imaanan yubasyiru qalbii wa yaqiinan shaadiqan hattaa a’lamu annahu laa yushiibunii illaa maa katabta lii waraddanibiqadhaa-ik.

  1. Berdzikir

Memperbanyak dzikir pada bulan Syaban, termasuk pada malam Nisfu Syaban juga merupakan perbuatan amal saleh yang juga dianjurkan. Berikut bacaan dzikir di bulan Syaban:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَالْمُشْرِكُونَ

Arab Latin: Laa ilaaha illallaahu wa laa na’budu illaa Iyyahu mukhlishiina lahud diina wa lau karihalmusyrikuuna

Dzikir tersebut dibaca setiap hari sebanyak 70 kali.

  1. Memperbanyak Istigfar

Selain memperbanyak dzikir, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak istigfar. Berikut bacaan istigfar yang dapat dibaca pada malam Nisfu Syaban:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوْبُإِلَيْهِ

Arab Latin: Astaghfirullaahaladzii laa ilaaha illaa huwar rahmaanur rahiimul hayyul qayyuumu waatuubuilaih.

  1. Berpuasa Nisfu Syaban

Selain memperbanyak doa di malam Nisfu Syaban, umat muslim juga dapat mengamalkan puasa Nisfu Syaban. Anjuran ini disampaikan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Jika tiba waktu malam Nisfu sya’ban, maka beribadahlah di malamnya dan puasalah di siangnya, karena sesungguhnya Allah Ta’ala menurunkan rahmat-Nya mulai tenggelamnya matahari (Maghrib) di langit dunia dan berfirman, ‘Siapa yang minta rezeki akan Aku beri rezeki. Siapa yang terkena musibah akan Aku sembuhkan. Siapa yang minta ini dan itu seterusnya, sampai waktu terbitnya fajar (matahari).” (HR. Ibnu Majah).

  1. Doa Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban merupakan salah satu malam yang istimewa. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan saleh, salah satunya adalah membaca doa malam Nisfu Syaban.

Sayyid Utsman bin Yahya menyebutkan doa berikut ini yang dibaca saat malam Nisfu Syaban:

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَار رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

Arab Latin: Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in’âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn. Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa’îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Artinya: Wahai Tuhanku yang Maha Pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata-sementara perkataan-Mu adalah benar-di kitab-Mu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.

Keutamaan Nisfu Syaban Baca Halaman 2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini