Wisata Kuliner Kampung Jawi Semarang, Jajan Pakai Uang Rupiah Tidak Berlaku

Suasana wisata kuliner Kampung Jawi Semarang. ( foto Instagram)

SIGIJATENG.ID – Jika kamu jalan-jalan di Kota Semarang dan menginap, maka tidak salahnya jika kamu datang ke tempat wisata kuliner Kampung Jawi. Kamu akan mendapatkan pengalaman dan suasana berbeda.

Jam operasional Kampung Jawi adalah 18.00 – 23.00 WIB. Wisata ini Alamat: Jl. Kalialang Lama, Sukorejo, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tiket masuk gratis.

Kampung Jawi menjadi salah satu tempat wisata unik di Kota Semarang. Kamu akan menemukan suasana tempo dulu ketika masuk di lokasi ini.

Seharian Lelah bekerja, akan langsung hilang begitu datang di tempat ini. Kamu juga bisa menemukan berbagai menu makanan tradisional disini dengan harga murah. Sejumlah menu tradisional di Kampung Jawi antara lain : Pecel, Sego Megono, Sego Koyor, Kupat Tahu, Wedang Uwuh, Es Legen, Es Temulawak, Mie Ayam, nasi ayam, sate, dan lain lain.

Wisata Kampung Jawi pada dasarnya merupakan wisata budaya yang menyajikan berbagai macam kuliner. Tempat ini menampilkan inovasi angkringan yang terletak di pinggir kali untuk menghadirkan nuansa alami dan menyenangkan. Sehingga, tempat ini sangat nikmat jika dikunjungi bersama keluarga, teman maupun saudara.

Disini, anda dapat melihat nuansa desa yang asri ketika siang hari karena masih banyak dikelilingi dengan pepohonan dan rerumputan. Meski demikian, tempat ini juga menghadirkan suasana yang tak kalah menyenangkan ketika malam hari. Hal ini bisa anda ketahui dari banyaknya penduduk dari luar kota yang datang ke tempat ini.

Asal mula keberadaan Kampung Jawi bermula dari angkringan kuliner kecil yang ditujukan kepada masyarakat sekitar. Tempat ini dihadirkan secara sederhana dengan memanfaatkan bangunan bambu sebagai penyedia kuliner dan meja kursi khas yang terbuat dari kayu. Meski demikian, antusias dari masyarakat tentang tempat ini nyatanya menjadikannya semakin populer.

Tak hanya itu, nuansa Semarang tempo dulu nyatanya memang sengaja disuguhkan secara nyata. Berbagai aktivitas yang dilakukan sudah diatur sedemikian rupa sehingga sangat menyerupai kehidupan zaman dulu. Terlebih lagi anda bisa mengamati para penjual dengan pakaian adat jawa seperti jarik, batik dan dilengkapi dengan ikat kepala. Lampunya pun menggunakan obor dan lampu teplok.

Hingga saat ini, Kampung Jawi sudah banyak dikenal oleh banyak orang, Ketenaran tempat wisata ini bahkan dapat dibuktikan dengan banyaknya foto-foto ciamik yang sengaja dipublikasi oleh pengelola terkait maupun masyarakat yang berkunjung. Anda bahkan bisa langsung membuktikan keindahannya dengan datang langsung ke Kampung Jawi di Semarang.

Alat Tukar Tidak Uang

Ala tukar disini juga bukan uang kertas atau logam rupiah. Tentu ini bisa menjadi pengalaman unik bagi kamu layaknya melakukan kegiatan ekonomi di zaman Majapahit. Disini, alat tukar atua untuk membeli semua barang yang ada adalah kepeng. Dimana kepeng itu di dapat?

Untuk kepeng kamu jangan bawa dari rumah. Karena kepeng itu juga tidak laku. Ketika kamu datan dan akan masuk lokasi, kamu akan ditawari untuk menukarkan uang rupiah ke kepen.

Kegunaan mata uang kepeng di tempat ini pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan share profit sekaligus mengajak anda untuk merasakan aktivitas zaman dulu secara nyata. Anda bahkan bisa menjual kembali atau menukar kembali sisa kepeng yang masih dimiliki dengan uang rupiah jika hendak pulang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kampung

Tempat wisata Kampung Jawi terletak di Kota Semarang sebagaimana namanya. Tepatnya di Jalan Kalialang Lama, Kelurahan Sukorejo Rt 02 Rw 01, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Wisata ini juga sering dikenal dengan sebutan Kampung Jawi Sukorejo atau Angkringan Kampung Jawi Kalialang. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini