Kaya Rempah-Kentalnya Santan, Kuliner Ayam Gecok Brebes Ini Makin Legendaris

Kaya Rempah-Kentalnya Santan, Kuliner Ayam Gecok Brebes Ini Makin Legendaris. Foto: istimewa

Brebes (sigijateng.id) – Ayam Gecok merupakan salah satu kuliner khas Bumiayu, Kabupaten Brebes. Hampir setiap rumah makan di sana menyediakan menu ini. Selain itu di Lombok gecok merujuk pada olahan daging sapi berikut jeroannya bersama kelapa parut.

Aroma bakar yang harum jadi ciri khas gecok. Ayam dan bumbu-bumbunya dibakar dulu di atas bara api arang sehingga aromanya makin sedap. Apalagi setelah itu dimasak dalam bumbu santan.

Ayam Gecok memiliki kemiripan dengan opor ayam. Adapun yang membedakan adalah tidak adanya pemakaian kunyit. Lebih unik lagi, sebelum dimasak, seluruh bumbu dan ayam dibakar terlebih dulu.

Untuk bahan Ayam gecok sendiri, terdiri dari ayam kampung, bawang merah bawang putih cabe merah besar, kencur dan santan. Sedang cara memasaknya, ayam yang sudah dipotong-potong kemudian dibakar terlebih dulu, berikut bumbu-bumbu utamanya.

Setelah itu, masak semuanya seperti memasak opor ayam. Dengan ditambahkan santan kental, salam, sereh, irisan tomat, terasi, garam dan gula secukupnya sambil diaduk-aduk sampai merata.

Untuk yang penasaran ingin mencicipi kuliner yang satu ini, kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Kebon Lumpang tepatnya berada di Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Brebes.

Selain menyediakan menu Ayam Gecok, beragam kuliner lain juga tersedia di rumah makan tersebut. Termasuk aneka minuman dari teh manis, kopi dan jus buah.

Rumah makan ini juga sangat cocok dikunjungi bersama teman dan sanak keluarga. Dengan latar view alam yang memesona, pengunjung bisa berlama-lama di sana.

Buat yang membawa anak-anak, di rumah makan tersebut juga tersedia becak air. Satu lagi yang sering diburu pengunjung adalah tersedianya fasilitas karaoke gratis.

Alfairus (39), salah satu pengunjung asal Semarang mengaku hampir setiap pekan datang ke Kebon Lumpang untuk menikmati menu Ayam Gecok.

Selain rasanya yang enak dan gurih, Ayam Gecok juga bisa menyehatkan badan. Banyaknya rempah-rempah yang menjadi bumbu olahan membuat badan lebih hangat setelah menyantap Ayam Gecok.

“Di sini menu yang ditawarkan enak-enak. Kalau pas ada tamu, saya juga sering mengajak mereka kesini. Apalagi tempatnya juga tidak terlalu jauh dari jalan utama,” kata dia.

Alfairus mengungkapkan Gecok ayam ini punya aroma bakar yang sedap. “Dimasak dengan bumbu rempah dan cabe serta santan hingga kental. Rasanya jadi pedas gurih dan sedap,” tuturnya.

Berikut ini resep membuat olahan makanan Gecok Ayam :

Bahan :

1 kg ayam, cuci bersih, potong-potong

1 buah kelapa tua, bakar kulitnya, kerok kulitnya, parut

1 liter air matang

Bumbu:

-15 butir bawang merah, bakar, kupas

-9 buah cabe merah keriting, bakar

-1 potong terasi, bakar

-3 cm ibu jari jahe, bakar

-1 sdt garam

-1/2 sdt gula

Cara Membuat :

-Bakar ayam setiap sisinya, tidak perlu sampai matang karena akan dimasak lagi.

-Peras kelapa parut dengan 200 ml air hingga mendapatkan santan kental. Peras lagi dengan 800 ml untuk mendapatkan santan encer.

-Bumbu: Ulek dan haluskan bawang merah, cabe merah, garam, terasi bakar dan gula hingga halus.

-Masak santan encer hingga mendidih. Setelah itu masukkan bumbu halus, jahe, dan ayam bakar.

-Masak dengan api sedang hingga ayam hampir lunak.

-Tuangi santan kental dan masak hingga kuah kental sedikit berminyak lalu angkat.

Tips:

  1. Bumbu dan bahan yang dibakar merupakan ciri khas gecok.
  2. Bakar tidak perlu sampai gosong, hanya sampai keluar aroma bakarnya. Bisa dengan api kompor atau dengan api arang.
  3. Sebelum dipanggang, cuci dulu bumbu dan bahan, kemudian bakar dan setelah itu bisa langsung diolah. (Red)

Baca Berita Lainnya’

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini