Tips Tubuh Sehat saat Musim Hujan

Ilustrasi hujan (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Menjaga Kesehatan tubuh seperti saat musim hujan ini menjadi sebuah kewajiban bagi kita semua. Aktivitas yang padat mengharuskan kita untuk tetap memiliki tubuh yang fit agar tanggung jawab menjadi tidak terbengkalai.

Beberapa tips berikut ini menjadi solusi untuk anda agar badan tetap sehat dan bugar di saat musim hujan. Mulai dari mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa saat anda keluar rumah hingga bagaimana cara menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit yang sering dating saat musim hujan, yakni malaria.

Pertama, anda harus membawa peralatan hujan jika sedang bepergian. Anda bisa mempersiapkan sandal, jaket, payung dan jas hujan. Letakkan payung di tempat yang mudah dijangkau, seperti saku samping tas. Jadi, ketika turun hujan secara tiba-tiba, anda tidak perlu repot membongkar barang bawaan untuk mencari payung.

Barang wajib selanjutnya yang harus dibawa saat musim hujan adalah jas hujan. Sebab meskipun sudah menggunakan payung, terkadang air hujan masih menerpa badan dan barang bawaan kita. Apalagi jika hujan turun disertai angin.

Genangan dan percikan air hujan dapat membuat sepatu basah. Oleh sebab itu, anda sebaiknya membawa sandal karet maupun alas kaki lainnya berbahan dasar karet. Saat turun hujan, anda bisa mengganti sepatu dengan sandal karet, sehingga sepatu tetap kering. Alas kaki berbahan karet mudah dikeringkan saat terkena air. sehingga menjadi benda wajib yang harus dibawa saat bepergian pada musim hujan.

Kedua, yakni melakukan pencegahan malaria. Mengantisipasi genangan air dengan mengubur sampah dan menyemprotkan desinfektan. Salah satu pencegahan penyakit malaria yang disebabkan oleh nyamuk dapat dilakukan dengan memasang alat atau cairan anti nyamuk, seperti memasang kelambu ataupun menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk.

Anda juga wajib mengonsumi makanan yang sehat. Konsumi makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Ada baiknya jika kita memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh kita, khususnya saat musim hujan, usahakan untuk tidak sesering mungkin jajan disembarangtempat yang kebersihan makanannya belum tentu terjamin.

Pastikan pula anda memperoleh asupan makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin, khususnya vitamin D yang bagus untuk kekebalan tubuh.

Selalu menjaga kebersihan diri. Menjaga kebersihan diri dengan mandi, rajin mencuci tangan dengan sabun. Sebab bakteri dan virus sangat mudah berkembang di cuaca yang memiliki intensitas kelembaban yang tinggi.

Ada banyak cara dalam menjaga kebersihan diri, antara lain mandi, rajin mencuci tangan dengan sabun, atau menggunakan hand sanitizer sebelum atau memegang sesuatu.

Tidur yang cukup. Tidur yang cukup juga akan sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari akan lebih rentan terkena flu.

Berolahraga dapat membantu tubuh untuk memiliki daya tahan yang baik sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Maka biasakan untuk tetap bergerak, salah satunya dengan olahraga. Jika tidak bisa berolahraga diluar rumah, anda juga bisa melakukannya di dalam rumah dengan alat sederhana dan trainer dari Youtube. (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini