Demo 11 April Berlangsung Rusuh, Petugas Tembakkan Gas Air Mata

Aksi mahasiswa yang digawangi BEM SI terjadi di sekitar Gedung DPR Jalan Gatot Subroto, Jakarta Senin (11/4/2022). Foto : tangkapan layar twitter @haluanda

Jakarta (Sigijateng.id) – Aksi Demo 11 April yang dilakukan BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) di depan Gedung DPR-MPR, pada Senin (11/4/2022) berlangsung rusuh. Jalan tol dalam kota yang berada di depan Gedung DPR-MPR ditutup dari kedua arah. Jalan arteri di depan Gedung DPR jugan ditutup.

Hingga pukul 16.15 WIB, situasi di depan Gedung DPR masih mencekam. Aparat dan mahasiswa masih bentrok. Mahasiswa membakar berbagai benda yang mudah terbakar. Demonstran juga bertindak anarkis dengan melempar batu dan botol ke arah petugas.

Petugas langsung menembakkan gas air mata yang membuat ribuan mahasiswa kocar kacir berlari ke arah Cawang atau Slipi. Polda Metro Jaya menutup sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Patung Kuda karena adanya aksi demonstrasi mahasiswa, Senin (11/4/2022), sore.

Saat ini, di lokasi tersebut, telah ada ribuan mahasiswa memakai almamater berwarna biru.  Mereka disambut oleh elemen lainnya yang berasal dari barisan emak-emak militan (BEM).

Sambil membawa poster dengan berbagai tulisan. Mereka berjalan dengan tertib dan juga berteriak merdeka. Saat ini mahasiswa dan juga BEM masih melakukan orasi di sekitar kawasan Patung Kuda dengan menyuarakan sejumlah tuntutan seperti menolak penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan tiga periode, serta menstabilkan harga dan ketersediaan sembako.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad memastikan pihaknya tidak ada penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode. DPR, kata Dasco, berkomitmen untuk mematuhi konstitusi yang berlaku di Indonesia.

Hal ini disampaikan Dasco saat menemui massa mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang melakukan demonstrasi di depan Gedung DPR, Senayan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (11/4/2022).

“DPR tidak melakukan penundaan pemilu. Pemerintah dan DPR kami sepakat untuk kawan-kawan. Tahapan pemilu oleh pemerintah dan DPR berjalan sebagaimana mestinya,” ujar Dasco disambut tepuk tangan massa mahasiswa.

Apalagi, kata Dasco, Presiden Jokowi akan melantik anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 pada Selasa (12/4/2022) besok di Istana Negara, Jakarta. Menurut Dasco, hal tersebut menunjukkan komitmen pemerintah dan DPR untuk menyelenggarakan pemilu sesuai dengan tahapan dan peraturan perundang-undangan yang ada.

“Selasa, presiden akan lantik anggota KPU dan Bawaslu yang baru dan akan mempercepat proses tahapan pemilu,” tandas Dasco.

Selain itu, Dasco juga berjanji akan menyampaikan aspirasi mahasiswa yang melakukan demonstrasi pada hari ini ke Presiden Jokowi. Pihaknya akan mengkawal agar tuntutan mahasiswa tersebut terpenuhi.

“Kami berkomitmen untuk menyampaikan pemeirntah 8 tuntutan aksi mahasiswa akan kami sampaikan pada pemerintah dalam waktu secepat-cepatnya,” kata Dasco. (Dye)

Baca Berita terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini