Cegah Kerusakan Email Gigi agar Gigi Anda Selalu Putih Berseri

gigi utih dan bersih. (foto freepik)

SIGIJATENG.ID – Email gigi merupakan substansi terkeras pada tubuh, sebab berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan akibat kecelakaan, temperature dan bahan-bahan kimia yang berlebihan.

Walaupun dinilai sangat kuat, email gigi bisa rusak juga lho karena tidak memiliki sel-sel hidup, maka tubuh anda tidak dapat memperbaiki sendiri ketika sudah rusak.

Sebenarnya apa sih penyebab kerusakan email pada gigi?

Musuh besar email adalah asam, dari gula, tepung bahkan jus buah. Penyebab lainnya termasuk mulut kering (xerostomia), penyakit turunnya asam, masalah pencernaan atau efek samping dari pengobatan. Anda juga dapat mengalami kehilangan dan kerusakan email karena penyakit turunan, atau kecelakaan kecil yang disebabkan oleh penyikatan gigi berlebihan atau pengertakan ( = grinding) gigi.

Apa gejala-gejalanya? Gejalanya tergantung pada parahnya kehilangan dan kerusakan email, tapi gejala-gejala itu termasuk:

  1. Tingkat sensitivitas terhadap makanan-makanan tertentu seperti permen atau minuman panas atau dingin
  2. Ujung gigi mulai transparan
  3. Retak dan patah, dimana gigi menjadi kasar dan bergerigi
  4. Warna memudar: ketika lapisan dalam dentin terekspos
  5. Indentasi: lubang pada permukaan gigi

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah kerusakan email pada gigi, yakni kurangi makanan dan minuman berasam, termasuk minuman bersoda dan jus buah, buah sitrus dan cuka. Jika Anda mengonsumsinya, ikuti dengan minum banyak air putih.

Lebih baik anda menyeruput minuman berasam menggunakan sedotan. Hal ini membuat air langsung ke belakang mulut dan jauh dari gigi.

Memperhatikan camilan Anda. Camilan bergula atau bertepung di antara waktu makan adalah makanan bagi bakteri di mulut, yang kemudian akan memproduksi asam. Makanlah sesuatu yang lebih sehat atau menyikat gigi Anda setelah makan camilan (tapi tunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi).

Gunakan pasta gigi ber-fluoride. Sikat gigi Anda dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride. Pepsodent Expert Protection mengandung mikrogranul yang membantu membersihkan area yang sulit dijangkau dan tiga kali lebih efektif melawan plak dibanding pasta gigi ber-fluoride yang standar.

Gunakan pasta gigi yang mengandung hydroxyapatite. Sebagai tambahan dari fluoride, pastikan pasta gigi Anda memiliki bahan aktif hydroxyapatite, yang merupakan mineral kalsium yang ditemukan di gigi. Saat dikombinasikan dengan fluoride maka bahan ini akan membantu remineralisasi email gigi.

Jangan berlebihan ketika menyikat gigi, karena akan menyebabkan kerusakan email dan gigi sensitif, jadi hindari menyikat gigi terlalu sering dan terlalu bersemangat.

etaplah melakukan rutinitas perawatan mulut dengan ketat dua kali sehari untuk meminimalisir erosi asam permanen. Dengan perawatan yang mudah, Anda juga dapat memiliki senyum lebih sehat dan lebih lebar untuk tahun-tahun mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini