5 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah, Populer Tahun 2022

Wisata di Karanganyar Terbaru dan Populer 2022 (foto : instagram)

SIGIJATENG.ID – Karanganyar adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Dikenal dengan julukan Bumi Intanpari, Karanganyar terkenal akan suasana yang menyejukkan dan asri. Jadi tak heran jika Karanganyar banyak menyuguhkan tempat tempat wisata yang populer.

Wisatawan bisa berkunjung ke Karanganyar untuk menikmati waktu berlibur dan merehatkan pikiran sejenak. Untuk itu, berikut SIGI JATENG berikan rekomendasi 5 tempat wisata terbaru dan populer 2022 yang cocok untuk dijadikan lokasi healing.

1. Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu juga menjadi salah satu wisata andalan Karanganyar. Dengan tinggi yang mencapai 81 meter, membuat air terjun ini masuk dalam jajaran air terjun tertinggi se-Jawa Tengah.

Air terjun Grojogan Sewu dekat dengan kawasan hutan yang masih asri, sehingga terkadang masih bisa menemui fauna seperti kera di waktu-waktu tertentu.

Tempat ini juga menyediakan wahana permainan seru seperti outbound, kolam renang atau wahana berkuda yang bisa pengunjung coba.

Pengunjung bisa datang pada jam bukanya setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Tiket masuknya pun terjangkau hanya sekitar Rp22.000,00 per orang.

Lokasinya berada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Candi Cetho

Candi Cetho merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit.

Kompleks candi digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan. Candi ini juga merupakan tempat pertapaan bagi kalangan penganut kepercayaan asli Jawa/Kejawen.

Berada di ketinggian lebih dari 1.400 mdpl, menjadikan Candi Cetho sebagai salah satu dari tiga candi tertinggi yang ada di Indonesia.

Candi ini juga memiliki panorama yang begitu menawan terutama saat pagi dan sore hari. Tempat wisata ini bisa dikunjungi menggunakan layanan rental mobil murah di Solo yang siap mengantar atau bisa langsung menuju ke lokasinya.

Wisatawan yang ingin berkunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp10.000,00 saja dan bisa datang setiap harinya pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB

Lokasinya berada di Jl. Candi Cetho, Cetho, Gumeng, Jenawi, Karanganyar.

3. Telaga Madirda

Karanganyar juga memiliki wisata alam berupa waduk dengan nama Telaga Madirda. Destinasi ini merupakan surga tersembunyi yang belum dieksplorasi banyak orang. Maka dari itu lingkungannya masih alami dan kental dengan.

Telaga Madirda adalah telaga keramat yang dipakai untuk ritual keagamaan masyarakat setempat yang menganut agama Hindu. Namun wisatawan juga diperbolehkan mengunjunginya untuk menikmati eksotisme waduk bening dengan nuansa natural yang menenangkan.

Untuk memasuki wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp10.000,00 saja. Lokasinya berada di Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Lawu Park

Destinasi andalan Karanganyar selanjutnya tentu saja The Lawu Park Tawangmangu. Taman rekreasi ini menawarkan aktivitas seru luar ruangan di tengah alam Lawu yang sejuk.

Berwisata di Lawu Park, pengunjung bisa melakukan sejumlah kegiatan seperti menikmati pemandangan yang tampak asri dengan jajaran pohon pinus yang rindang maupun taman-taman yang ditata rapi.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan, pengunjung juga bisa mengajak buah hati memberi makan domba di sana, atau bermain salju di area Snow Park.

Pengunjung bisa datang pada jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Cukup siapkan saja biaya retribusi sekitar Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00 per orangnya.

Lokasinya berada di Bulakrejo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar.

5. Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog berada sekitar 500 meter di sebelah barat Candi Sukuh. Air terjun Jumog memiliki area air terjun dengan mata air alami yang berpadu indah dengan lingkungan yang masih sangat asri.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan area bersantai, kolam renang anak, hingga pusat kuliner khas Solo untuk kenyamanan para pengunjung. Semua keseruan dan fasilitas ini bisa dinikmati hanya dengan biaya Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 saja.

Lokasi air terjun cantik ini berada di Jl. Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Pengunjung bisa datang ke lokasinya mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap hari.

Demikian informasi tempat wisata populer saat ini di Karanganyar yang cocok untuk lokasi liburan mu bersama teman, kekasih, sahabat, dan keluarga. Semoga bermanfaat!! (dimas)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini