5 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Ilustrasi Buah Mengkudu (foto : pixabay.com)

SIGIJATENG.ID – Tentu anda tidak asing dengan buah mengkudu. Walau buah mengkudu memiliki rasa yang tidak enak dan bau yang sedikit menyengat, buah mengkudu ternyata banyak mengandung manfaatnya.

Dalam satu buah mengkudu mengandung 90% air. Sedangkan 10% bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula. Kandungan protein dan asam amino memenuhi sekitar 11,3% dari keseluruhan bagian keringnya. Selain itu, buah mengkudu mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, serta selenium yang keseluruhannya mencapai 10 – 12 persen. Adapun Vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah mengkudu yaitu vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Dilansir dari laman Hellosehat, Yuk simak di bawah ini 5 manfaat buah mengkudu untuk kesehatan!

  1. Membantu mengatasi arthritis

Sudah dikenal sejak lama, kalau buah mengkudu ini dijadikan obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti penyakit arthritis. Bahkan penderita arthritis yang kerap mengalami masih nyeri apabila mengkonsumsi jus mengkudu ini bisa untuk mengurangi rasa nyeri.

Seperti dalam penelitian pada tahun 2011, pasien osteoartritis yang diberikan jus mengkudu dapat mengurangi tingkat keparahan nyeri. Hal ini didapatkan dengan rutin mengkonsumsi jus buah mengkudu selama waktu 90 hari.

  1. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah mengkudu ini diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sudah sejak lama, vitamin C ini memang menjadi asupan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan manusia tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri.

Kemudian, vitamin C ini dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan terhadap risiko penyakit kronis. Selain itu, kandungan scopoletin dalam buah mengkudu juga mempunyai sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang bisa meningkatkan pertahanan tubuh.

Tidak hanya itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu juga cukup ampuh dalam melawan bakteri seperti E. coli, Staphylococcus aureus, dan Proteus vulgaris.

  1. Bisa menurunkan kolesterol

Merokok adalah sebuah kebiasaan buruk dan hal ini berdampak pada kesehatan organ pernapasan hingga peningkatan kadar kolesterol tubuh.

Dalam sebuah penelitian dari University of Illinois College of Medicine menyebutkan bahwa minum jus mengkudu selama waktu satu bulan, ini bisa mengurangi kadar kolesterol LDL pada perokok berat.

Sayangnya, hasil penelitian ini belum bisa digeneralisasikan untuk semua orang. Maka dari itu, manfaat buah mengkudu yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Menurunkan gula darah

Periset di Universitas Hindia Barat melakukan satu penelitian tentang buah mengkudu yang hasilnya, buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu noni atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah.

Studi tersebut menemukan bahwa buah mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada Oktober 2010.

  1. Bantu meningkatkan daya tahan saat berolahraga

Manfaat buah mengkudu yang ini merupakan kabar baik bagi Anda yang hobi olahraga. Besar kemungkinan hal ini terjadi karena kandungan antioksidan dalam buah mengkudu yang bisa mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat olahraga.

Bahkan sebuah studi pernah membuktikan, pemberian jus mengkudu sebanyak dua kali sehari selama tiga minggu pada pelari berhasil meningkatkan performa berlari sebanyak 21 persen.

Demikianlah tiga manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini