Miliki Ilmu Hafiz Quran, Anak Mantan Kalapas ini Ingin Jadi Prajurit TNI AD

Hafiz Quran yang ingin jadi anggota TNI AD, Muh Echsan (kiri) dan La Ode Mushaf Rafli Raja Ika (kanan) Foto: Dok. TNI AD

Kendari (Sigi Jateng) – Berbagai cara seseorang untuk bisa meraih cita-cita yang diinginkan, melalui perjuangan panjang pun tetap dilakukan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Hal itu juga berlaku bagi siapapun tanpa memandang kondisi.

Seperti yang dilakukan oleh seorang hafiz Quran yang juga anak dari mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kota Bau-Bau ini. Dia berharap lolos menjadi Calon Bintara Prajurit Karier TNI Angkatan Darat.

Sebelumnya, pemuda bernama Laode Mushaf Raja Ika itu lolos dalam Seleksi Penerimaan di Sub Panda Kendari. Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail mengatakan, dalam seleksi penerimaan calon prajurit, Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A Siahaan tidak saja melihat kepada aspek administrasi, kesehatan maupun jasmani dan postur. Prestasi calon prajurit pun menjadi satu penilaian. 

“Di antaranya dua orang hafidz Quran yaitu La Ode Mushaf Raja Ika dari Kendari dan Muh Echsan dari Kolaka. Saat sidang Parade, keduanya termasuk dari beberapa pemuda Sultra yang memiliki prestasi dan bisa menjadi nilai tambah dalam seleksi calon yang akan diberangkatkan ke Sub Panpus di Makassar,” ujar Rusmin.

Rusmin menuturkan, La ode Mushaf Rafli Raja Ika baru menghafal Al Quran dua bulan. Namun, dia sudah menghafal dua juz. “Satu lagi Muhammad Echsan, anak dari Serma Purn Kasman ini tidak saja dapat menghafal Alquran, namun juga memiliki prestasi dalam lomba yaitu tahun 2014 jadi juara 3 MTQ Tilawah 1 Juz  dan tahun 2015 memperoleh juara harapan MTQ Tilawah 1 juz,” ucap Rusmin.

La Ode Mushaf Rafli Raja Ika mengatakan keinginannya untuk menjadi prajurit TNI AD dikarenakan ingin mengabdikan kepada negara. Dia juga ingin mengangkat derajat orang tua dan keluarganya. BACA JUGA: Mahasiswi Semester Akhir di Makassar Ditemukan Tewas Tergantung.

“Apabila saya berhasil menjadi prajurit TNI AD, saya ingin mewakili TNI AD dalam lomba-lomba keagamaan,” ujar pemuda kelahiran Kendari yang akrab dipanggil Rafli ini, Jumat (10/9/2021).

Anak dari PNS di Bappeda Kota Kendari ini menuturkan, dirinya belajar menghafal Alquran dan kitab di salah satu pesantren sejak Januari 2021. Senada dengan Rafli, Muhammad Echsan pun mengatakan, motivasi dirinya menjadi prajurit ingin mengabdi kepada negara.

Niatnya semakin kuat karena sang ayah juga anggota TNI. “Juga ingin melanjutkan karir bapak, Serma Purnawirawan Kasman, mantan Babinsa di Koramil 04/Kota Kodim 1412/Kolaka,” ujar Echsan.

Lulusan MAN 1 Kolaka tidak hanya dapat menghafal Alquran, dia juga pernah menjadi juara dalam MTQ di tahun 2014 dan 2015. Bahkan di tahun 2018, Echsan sempat terpilih menjadi calon Paskibra Nasional. Terkait dengan penyiapan menjadi prajurit, Echsan telah mulai latihan sejak sejak kelas 1 MTS.

“Baik latihan jasmani, akademik maupun menjaga Kesehatan, karena memang setahu saya banyak yang jatuh karena Kesehatan. Jika nanti lulus jadi prajurit, saya pun tetap ingin menambah hafalan Alquran dan ilmu agama,” katanya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini