Fake Bomb Rumah Ahmad Yani. Polisi : Isinya Serbuk Petasan, Tak Bisa Meledak

Ilustrasi

Jakarta (Sigi Jateng) –  Polisi telah memeriksa fake bomb yang ditemukan di depan rumah Ketua Komite Eksekutif Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Ahmad Yani pagi tadi. Hasil pengecekan, ditemukan serbuk petasan dari rangkaian bom palsu tersebut.

“Dari pengecekan Puslabfor Mabes Polri, di situ memang ada beberapa rangkaian. Pertama ada baterai, kedua jam bekernya, ketiga ada kabel-kabel. Juga ada beberapa serbuk dalam dugaan bom tersebut. Indikasinya, itu isinya adalah serbuk petasan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (26/3/2021).

Yusri memastikan fake bomb tersebut tidak bisa meledak meski mengandung serbuk petasan. Sebab, tidak ada alat picu di dalamnya.

“Rangkaiannya memang betul, tapi itu tidak akan bisa meledak karena pemicunya itu tidak ada. Setelah dibuka dan disimpulkan itu oleh Puslabfor adalah bom palsu,” terang Yusri.

Saat ini polisi masih mendalami penemuan bom palsu di depan rumah Ahmad Yani itu. Polisi akan menyelidiki siapa yang menaruh fake bomb tersebut.

Selain mengumpulkan bukti CCTV, dua orang saksi telah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

“Masih kita kumpulkan semua alat bukti, saksi-saksi. Kita tunggu dari penyidik. Saksi saat ini ada dua, baik itu karyawan dari AY inisial MA dan sekuriti inisial S,” ungkap Yusri.

Fake bomb itu ditemukan oleh karyawan Ahmad Yani inisial MA sekitar pukul 06.30 WIB. Saat itu benda mencurigakan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah tas yang tergantung di pagar rumah.

Saksi kemudian melaporkan temuan tersebut ke polisi. Tidak berselang lama tim Gegana pun diturunkan untuk mengamankan benda mencurigakan tersebut.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, dari hasil olah TKP, dipastikan benda tersebut adalah fake bomb.

“Kemudian dilakukan olah TKP, kemudian dilakukan pemeriksaan saksi-saksi bagaimana ceritanya dan tentu alat bukti lainnya. Yang jelas dugaan sementara kita ini adalah fake bomb,” kata Tubagus di lokasi. (dtc/dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini