Pengawas TPS Dites Rapid, Bawaslu Kota Semarang; Jika Positif Langsung Diganti

SEMARANG (Sigi Jateng) – Jelang pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang pada 9 Desember 2020 mendatang. Bawaslu Kota Semarang melaksanakan rapid tes dan swab tes kepada para pengawas TPS.

Nining Susanti selaku koordinator pengawasan Bawaslu Kota Semarang mengatakan jika ada pengawas yang hasil rapid tesnya reaktif maka akan langsung dilakukan swab. Dan jika hasil swabnya positif maka yang bersangkutan akan langsung diganti.

Nining Susanti selaku koordinator pengawasan Bawaslu Kota Semarang. (foto mushonifin/sigijateng)

“Kalau pengawas TPS itu kan ada klausul kalau hasil rapidnya reaktif nanti akan langsung dilakukan swab. Dan kalau hasil swabnya positif maka akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW). Jadi ini sistemnya berbeda dengan KPU jika ada anggotanya yang positif covid-19 maka yang bersangkutan tetap menjadi petugas namun selama masa isolasi kinerjanya dipasrahkan ke anggota lainnya,” ujarnya pada Senin (30/11/2020).

Berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang jumlah pengawas TPS hanya satu orang per TPS, kali ini Bawaslu memiliki satu orang lagi sebagai pengawas cadangan untuk segera melakukan PAW jika sewaktu-waktu pengawas yang pertama terjangkit virus corona.

“Anggota pengawas TPS sendiri di pilkada kali ini yang bertepatan dengan pandemi covid-19 jumlahnya minimal dua orang. Jadi jika pengawas yang satunya positif covid, pengawas berikutnya siap menggantikan. Total jumlah pengawas TPS Kota Semarang sendiri ada 3447,” jelasnya.

Proses tes sendiri sudah berjalan sejak hari sabtu lalu dan sebagian hasilnya sudah diterima Bawaslu. Namun sayang Bawaslu belum mengumumkan hasil tes tersebut.

“Proses rapid tes sendiri sudah berjalan sejak Sabtu kemarin (28/11/2020) dan hasil tesnya sebagian sudah kami terima,” paparnya. 

“Tapi mohon maaf kami tidak bisa mengumumkan hasilnya sekarang,” pungkasnya. (Mushonifin)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak, Hindari Kerumunan dan tetap menjaga Imun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini