Pemkot Semarang Klarifikasi Kabar Pemadaman Jaringan Internet Yang Bikin Heboh

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian Kota Semarang, Bambang Pramusinto. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Beredar surat dengan kop Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian yang beredar luas di media sosial whatsapp tentang pemadaman jaringan internet pada Sabtu hingga Minggu (3-4/10/2020).

Surat berkop Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang yang beredar luas di masyarakat melalui daring. (Dok.)

Karena beredarnya surat tersebut pada Kamis (1/10/2020) kemarin, banyak warga masyarakat menjadi resah karena pemadaman internet itu dikhawatirkan berdampak pada aktifitas sehari-hari.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, padamnya jaringan internet itu hanya untuk jaringan milik Pemerintah Kota Semarang termasuk Organisasi Perangkat Daerah. Padamnya jaringan internet pemkot itu dipastikan tidak berdampak kepada masyarakat.

“Itu hanya perbaikan server balaikota. Kalau internet masyarakat tetap aktif,” tegas Bambang, saat dihubungi melalui sambungan telepon, pada Jumat (2/10/2020) pagi.

Bambang menjelaskan, pihaknya telah mengetahui beredar luasnya surat tersebut. Ia menduga, kabar tersebut menjadi heboh karena yang beredar ke masyarakat hanya surat pada halaman pertama. Padahal surat tersebut ada dua halaman. Pada halaman kedua dijelaskan, internet padam hanya di lingkungan balai kota beserta organisasi perangkat daerah (OPD).

“Di lembar kedua itu kan ada tertulis tertujunya. Ada beberapa OPD yang perlu kami beritahu karena ada setting server. Sekali lagi, internet masyarakat tetap aktif,” sambungnya.

Ketika ditanya soal proses beredar luasnya surat tersebut, ia belum bisa memastikan penyebabnya.

“Saya juga tidak tahu siapa yang posting. Karena itu surat tersebut harusnya untuk internal kok. Mungkin ada seseorang yang iseng motret lalu memposting,” tandas Bambang.

Dalam surat tertanggal 29 September itu tertulis bahwa Dinas tersebut akan melakukan rehabilitasi data center dan penataan rak jaringan server internet dan intranet.

“Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami memberitahukan bahwa akan dilakukan shutdown server jaringan internet dan intranet pada Hari Sabtu jam 08.00 sampai dengan Minggu jam 08.00 tanggal 3 sampai dengan 4 oktober 2020. Dengan demikian semua jaringan internet, intranet dan server tidak bisa digunakan sementara waktu,” demikian bunyi penggalan isi surat tersebut. (Mushonifin)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Masker, rajin Mencuci tangan dan selalu Menjaga jarak).

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here