Para Nakes Bakal Jadi Prioritas Dapatkan Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan Menkes Terawan

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto. Foto : Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto memastikan tenaga kesehatan akan mendapatkan vaksin terlebih dahulu.

“Untuk vaksin kiriman pertama ini yang pertama akan mendapat sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan,” ujar Terawan melalui siaran live streaming lewat kanal YouTube Kemkominfo TV, Senin (7/12/2020).

Terawan menjelaskan Kemenkes telah menyiapkan data sasaran per kabupaten/kota.

“Kementerian Kesehatan telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten/kota yang selanjutnya data tersebut dimasukkan dalam sistem informasi PCPEN yang akan menyiapkan data sasaran by name by address,” imbuhnya.

Kemenkes memastikan distribusi vaksin akan sesuai prosedur distribusi obat pada umumnya. Dalam rangka menjaga kualitas, vaksin akan didistribusikan ke gudang vaksin dinas kesehatan setiap provinsi.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia telah menerima 1,2 juta vaksin Corona. Vaksin itu tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, kemarin (6/12).

“Saya ingin menyampaikan satu kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis COVID-19. Vaksin ini buatan Sinovac,” ujar Presiden Joko Widodo dalam live streaming di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020).

Vaksin itu sudah melalui uji klinis. Uji klinis itu dilakukan di Bandung, Jawa Barat. “Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis yang tiba di awal Januari,” tutur Jokowi.

Baca Berita Lainnya

Seperti yang dilihat melalui siaran langsung di akun YouTube Setpres, Minggu (6/12), vaksin itu dibawa dengan pesawat Beoing 777-300ER. Pesawat mendarat di Bandara Soekarrno-Hatta sekitar pukul 21.30 WIB. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini