Kasus Positif Covid 19 di Pasar Sidoharjo Bertambah, Pengunjung Harus Patuhi Protokol Kesehatan

WONOGIRI, – Jumlah pedagang Pasar Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, yang terinfeksi corona membeludak hingga mencapai 80 orang. Sepekan lalu jumlah pedagang terkonfirmasi positif covid-19 baru tujuh orang. Camat Sidoharjo Sarosa membenarkan membeludaknya jumlah pedagang Pasar Sidoarjo yang terkonfirmasi positif covid-19.

“Setelah dilakukan uji swab 908 pedagang, hasilnya sementara turun total 80 orang yang positif covid-19.” ujar Sarosa, Jumat (20/11/2020).
Sarosa mengatakan, awalnya kasus pertama ditemukan pada seorang pedagang yang terpapar corona setelah menjalani perjalanan dari luar daerah, dari satu pedagang itu kemudian berkembang enam pedagang yang tertular.

Dari jumlah itu kemudian dilakukan swab test bagi 908 pedagang yang berjualan di Pasar Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Hasil uji swab test turun secara bertahap, yakni pertama 12 orang, lalu ditambah 45 orang, dan kemarin tambah 16 orang, sehingga totalnya 80 orang.

“Hanya saja, kemungkinan jumlah itu akan bertambah.” Katanya.
Sarosa menambahkan, pedagang yang terkonfirmasi positif covid-19 tidak hanya tinggal di Sidoharjo. beberapa pedagang juga tinggal di wilayah lain, seperti Ngadirojo, Jatisrono, dan Girimarto.

Meski menimbulkan klaster, semua pedagang yang terkonfirmasi positif covid-19 dalam kondisi tanpa gejala. Dengan demikian semuanya dilakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Aktivitas jual beli di Pasar Sidoarjo, Kabupaten Wonogiri, tetap dibuka meski 80 pedagang terkonfirmasi positif covid-19. Namun begitu, setiap pintu masuk pasar dijaga ketat petugas gabungan dari pemerintah, Kepolisian, dan TNI. Siapapun yang masuk ke pasar harus memnuhi protokol kesehatan, seperti halnya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan.
“Bagi para pengunjung atau pedagang yang tidak pakai masker disuruh kembali dan tidak boleh masuk pasar.” Tegasnya.

Sarosa mengatakan, penjagaan ketat diberlakukan selama sepuluh hari hingga pedagang yang terkonfirmasi positif covid-19 selesai menjalani isolasi mandiri. Untuk kontak erat puluhan pedagang yang baru terpapar corona, sarosa menyebut sekitar 150 orang. Ratusan kontak erat sudah dilakukan swab test Kamis pagi.( solotruts)

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here