Ekonomi Kreatif Bisa Topang Perekonomian Daerah Saat Pandemi Covid-19

Anggota Komisi C DPRD Jateng Agung Budi Margono dalam dialog bersama pelaku ekonomi kreatif, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), dan Direktur Utama PT. PRPP Jawa Tengah, belum lama ini.

SEMARANG (SigiJateng) — Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah Agung Budi Margono menyatakan bahwa kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku ekonomi kreatif dapat bantu perekonomian di Jawa Tengah yang kini sedang melemah. Hal itu disampaikannya dalam dialog bersama pelaku ekonomi kreatif, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), dan Direktur Utama PT. PRPP Jawa Tengah, belum lama ini.

“Kolaborasi pelaku ekonomi kreatif, pemerintah provinsi maupun BUMD pengelola pariwisata, seperti PRPP penting dilakukan. Hal ini juga untuk membantu ekonomi Jawa Tengah yang saat ini sedang melemah karena Covid-19, dimana sektor ekonomi kreatif dapat menjadi salah satu penopangnya,” kata Agung.

Agung mencontohkan PRPP yang mempunyai aset strategis berupa lahan di kawasan dekat Bandara dapat didorong PRPP menjadi alternatif tempat keatifitas anak muda. PRPP juga dapat digagas menjadi holding pariwisata di Provinsi Jawa Tengah.

Politisi PKS ini mengatakan bahwa dirinya turut mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk lebih peduli pada pelaku ekonomi kreatif. Terlebih di masa Pandemi seperti ini, pelaku ekonomi kreatif dapat menjadi salah satu jalan keluar menggerakan ekonomi. Meski juga disisi lain, mereka juga menghadapi tantangan yang cukup berat.

“Ekonomi kreatif yang adaptif dengan teknologi sangat mungkin berkembang lebih dibanding sektor lainnya. Dapat berkembang dan membantu memulihkan perekonomian daerah,” tutur Dewan asal Dapil Kota Semarang tersebut. 

Agung BM menyatakan bahwa dirinya siap menjembatani, aspirasi dan saran nantinya akan disampaikan kepada Gubernur. Harapannya apa yang menjadi usulan dapat tersampaikan dan dapat ditindaklanuti.

“Terlebih saat ini, DPRD Provinsi Jawa Tengah sedang menggagas Rancangan Peraturan Daerah tentang Penguatan Ekonomi Kreatif di Provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain komunitas ekonomi kreatif kota Semarang yang berasal dari kelompok Fashion, Film, Konten Kreator, Club Sepeda BMX, Komunitas Hobby Fotografi, dan sebagainya.

Dirut PT. PRPP, langsung menanggapi bahwa pihaknya sangat senang bila dapat bertemu dengan para pelaku ekonomi kreatif di Jawa Tengah. PRPP terbuka, ada beberapa anjungan yang dapat dikerjasamakan, dengan tentu melihat aspek pada prospek bisnisnya.

“Masih menjadi mimpi saya, yaitu ingin menggelar Sendratari Puri Maerakaca. Bukan hanya angan-angan, tetapi menjadi dita-cita, sekaligus peluang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk terlibat,” kata Tita, sapaan akrab Dirut PT. PRPP ini. (aris)

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini