Jangan Makan Terlalu Kenyang, ya…! Berikut Akibat dan Bahayanya

ilustrasi, sumber google.com

SIGIJATENG.ID, Kebanyakan manusia, jika melihat makanan kesukaan disajikan di depan mata, rasanya ingin menyantapnya banyak-banyak. Bahkan akan terus makan walaupun sudah kenyang.

Apakah kamu pernah mengalaminya? Kebiasaan makan terlalu banyak hingga kekenyangan ternyata dapat membahayakan kesehatan, lo, teman-teman. Jadi, wajar kalau Sayyidina Ali bin Abu Thalib membenci perbuatan orang yang masih terus makan walau sudah kenyang.

Apa yang terjadi jika kita kekenyangan?

1. Menimbulkan Gas di Perut

Sesungguhnya lambung kita tidak boleh diisi penuh dengan makanan. Itu karena, nantinya enzim yang ada di dalamnya tidak dapat mencerna seluruh makanan dengan baik. Akibatnya, makanan yang masuk ke usus akan salah dicerna lalu dapat menimbulkan gas. Inilah kenapa mungkin sesudah kekenyangan kita akan merasa perut menjadi kembung, diare, bahkan bisa muntah.

2. Membuat Kita Mudah Mengantuk

Makan hingga kekenyangan merupakan pola makan yang tidak sehat. Semakin banyak makanan yang masuk, maka saluran pencernaan pun semakin bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut. Saat organ pencernaan kita dipaksa untuk bekerja lebih keras dari yang seharusnya, itu artinya seluruh energi yang ada di dalam tubuh menjadi terserap. Setelahnya, tubuh kita akan merasa lemas dan rasanya ingin tidur terus. Rasa kantuk juga akan muncul akibat tingginya asam amino.

Dua Perkara Dibenci Ali bin Abi Thalib, Tetapi Banyak Dilakukan Umat Islam

3. Sulit untuk Bernapas

Ketika kita makan karbohidrat terlalu banyak, maka karbondioksida yang dihasilkan dari makanan yang masuk pun akan banyak. Tubuh kita akan mengalami kelebihan karbondioksida dan kekurangan oksigen, sehingga kita pun akan kesulitan untuk bernapas.

4. Meningkatkan Berat Badan

Semakin banyak makanan yang dicerna oleh tubuh, maka akan menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak. Lemak yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau obsesitas. Orang yang memiliki kelebihan berat badan ini rentan terserang berbagai macam penyakit.

5. Malam beribadah dan bekerja / beraktifitas

Manusia memang harus makan, namun bukan aji mumpung. Jangan sampai kekenyangan. Manusai diciptakan Allah, tujuan utamanya adalah untuk beribadah. Artinya, jika kita makan, hanyalah untuk sarana agar kita kuat dan besemangat dalam beribadah. Karenanya jangan sampai kekenyangan. Jika kita kekenyangan, maka kita akan malam beribadah. Bahkan juga akan malas bekerja / beraktivitas. Karena badan akan terasa berat.  

Nah, itulah beberapa akibat makan kekenyangan. Jadi, jangan lupa untuk berhenti makan sebelum kenyang, ya, teman-teman. (rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here