KPU Kendal Temukan 200 Logistik Kotak Suara Rusak

Sejumlah pekerja tengah merangkai dan merapikan logistik kota suara di gudang KPU Kendal yang hendak digunakan untuk pemilu April 2019 mendatang. (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Sebanyak 200 kota suara ditemukan rusak dan tidak bisa digunakan. Temuan rusaknya logistik pemilu itu disampaikan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, Kamis (21/2/2019). 

Kerusakan kotak suara tersebut akibat pengiriman sehingga banyak yang sobek dan tidak bisa dirangkai. Padahal, hingga Kamis (21/2/2019) sudah ada sekitar 80 persen kotak suara yang dirangkai. 

Dimungkinkan, masih banyak kotak suara yang sobek dan tidak bisa dirangkai dan jumlah bisa bertambah. KPU Kendal sendiri menerima 17.445 kotak suara dan ditargetkan selesai beberapa hari ke depan. 

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Octaria mengatakan jika kerusakan kotak suara dimungkinkan saat proses pengiriman logistik. “Ada yang terkena bak truk atau saat pengangkutan hingga rusak,” kata Hevy Indah.

Hevy Indah menyampaikan, sampai saat ini tinggal dua kecamatan logistik kotak suara yang belum dirangkai. Sedangkan 18 kecamatan lainnya sudah selesai, bahkan per kecamatan sudah dikelompokkan. 

Terpisah, Komisioner Bawaslu Kendal Wahidin Said selaku Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga mengatakan dari hasil pengawasan Bawaslu untuk penyimpanan logistik pemilu kotak suara sudah sesuai standar dan aman. 

Terlebih, di bawah bagian dasar tempat penyimpanan menggunakan palet serta di beri alas berupa plastik. “Lalu dibagian atas kotak ditutup menggunakan terpal untuk menghindari jika terkena air hujan dan kotoran burung,” jelasnya. 

Dia menambahkan, kotak suara yang rusak harus dimintakan ganti untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. “Selanjutnya, kotak suara tersebut harus diserahkan ke masing-masing TPS dalam kondisi tersegel dan bagus alias tidak rusak,”imbuhnya. (dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here