Catat, Inilah Titik-titik Rawan Kemacetan Kota Semarang saat Lebaran Nanti

Jalan Raya pertigaan Tol Krapyak

SIGIJATENG.ID, Semarang – Sejumlah persiapan dilakukan Pemkot Semarang jelang arus mudik lebaran 2019 ini. Salah satunya, Pemkot telah memetakan titik-titik rawan kemacetan di jalur mudik lebaran tahun ini.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, M Khadik mengatakan, persimpangan Jrakah menjadi salah satu titik yang mendapat perhatian. Penumpukan kendaraan diprediksi akan terjadi dari Persimpangan Jrakah sampai Mangkang.

“Pintu tol Kalikangkung nantinya terjadi antrean sekitar tiga kilometer (km), arus lalu lintas akan dialihkan menuju exit tol Kaliwungu. Sehingga, kami prediksi akan ada penumpukan kendaraan di jalur pantura dari Kawasan Mangkang hingga traffic light Jrakah,” ujarnya, Kamis (16/5/2019).
Untuk wilayah kota, lanjut Khadik, ada titik titik lain yang diprediksi akan terjadi kepadatan jelang arus mudik, seperti, Simpang Lima, Pandanaran, hingga Tugu Muda. Kawasan tersebut diprediksi akan ramai dikunjungi masyarakat yang berziarah ke makam Bergota. 

Terkait arus mudik, Dishub bersama stakeholder terkait seperti Polrestabes Semarang, Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan Satpol PP akan menyiagakan 13 posko mudik di Kota Semarang yang bisa diakses para pemudik secara gratis.

Posko akan disiagakan di Simpang Jrakah, Terminal Mangkang, Exit Tol Kalikangkung, Pasar Karangayu, Terminal Cangkiran, Terminal gunungpati, Kantor Dishub, Tugu Muda, dan Simpang Lima. Posko mudik tersebut akan mulai disiagakan mulai H-7 hingga H+7 lebaran. 

“Kami juga telah mengecek rambu-rambu permanen di sejumlah titik di Kota Semarang. Rambu-rambu portable dan penerang jalan juga sudah disiapkan. Kami upayakan kelancaran lalu lintas para pemudik yang masuk menuju Kota Semarang baik dari arah barat, selatan, tenggara, maupun timur, dari tol maupun jalur biasa,” imbuhnya. (dian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini