Bantu Kinerja Petugas, Mapolres Batang Siagakan Sejumlah Satwa K9

Bantu Kinerja Petugas, Mapolres Batang Siagakan Sejumlah Satwa K9. Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga berkesempatan meresmikan kantor unit satwa K9 serta ruang media management center Polres Batang, Senin (11/11). Humas Polres Batang

SIGIJATENG.ID, BATANG – Melengkapi dan membantu kinerja petugas, Mapolres Batang mensiagakan beberapa ekor satwa anjing atau unit K9 yang bertujuan untuk meringankan tugas aparat kepolisian dalam berbagai kegiatan. Unit satwa K9 tersebut diantaranya, Hokky Belgian spesialis pelacak umum, Cindy Dutch Sepherd spesialis pelacak narkotik, Rokky German Sepherd All White spesialis pelacak narkotik dan Bruno.

Masing-masing satwa K9 ini memiliki spesialisasi sendiri-sendiri dalam membantu kinerja aparat kepolisian. Seperti untuk melacak kejahatan narkotika, melacak jejak kriminal umum, membantu melacak keberadaan pelaku dan barang bukti kejahatan, serta pengendali massa.

“Keberadaan unit satwa K9 ini, sudah banyak membantu kinerja petugas. Baik saat penanganan tindak kejahatan, kasus narkoba, pengamanan kegiatan sepak bola dan sebagainya. Semuanya terdidik dan terlatih,” kata Kapolres AKBP Edi S Sinulingga disela-sela peresmian kantor unit K9, Senin (11/11).

AKBP Edi Suranta Sinulingga menyampaikan keberadaan kantor unit satwa K9 ini dibangun untuk mempermudah dalam berkordinasi dengan anggota K9, sehingga sewaktu – waktu dibutuhkan siap digerakan. Selain itu, polisi satwa bisa standby di kantor unit yang siap siaga 24 jam.

“Kantor yang kita resmikan untuk anggota Polisi Satwa K9, kalau dulu setelah melatih mereka kebingunan untuk istirahat, kini para pawang anjing sudah memiliki kantor untuk istirahat,” tutur Kapolres.

Petugas Satwa K9 Polres Batang Briptu M Sayfudin mengungkapkan, pihaknya dalam melatih dan mengasah kepekaan serta kecerdasan anjing pelacak dilakukan tiga kali setiap minggunya. “Seminggu tiga kali melatih unit satwa ini. K9 atas nama Hokky bertugas sejak tahun 2017 dengan prestasi ikut dalam penugasan pengungkapan kasus pembunuhan pencurian dengan kekerasan yang terjadi di wilyah Polsek Gringsing beberapa waktu lalu,” bebernya.

Ditempat terpisah, Kapolres AKBP Edi S Sinulingga dalam waktu yang sama juga berkesempatan meresmikan ruang Media Management Center Polres Batang untuk memudahkan koordinasi antara Mapolres Batang dengan insan pers.

“Di ruangan ini teman-teman media bisa berkoordinasi terkait kegiatan peliputan maupun hal-hal yang berkaitan dengan publikasi pemberitaan. Selain itu, keberadaan ruangan ini juga bisa lebih meningkatkan sinergitas antara media dengan Polres Batang,” tandasnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini