Rekapitulasi Suara di Sirekap Naik Turun Pasca Maintenance, Caleg PKS DPRD Provinsi Jateng Berharap Begini

Proses rekapitulasi suara Penilu 2024 di PPK Bawang, Rabu (21/2). Foto : vian / sigijateng.id

Batang (sigijateng.id) – Proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan di Kabupaten Batang hingga hari ini masih terus berlangsung pasca dilakukan maintenance Sirekap. Termasuk penghitungan suara pada Pileg 2024 DPRD Batang.

Meski demikian, penghitungan suara melalui Sirekap juga sangat disayangkan oleh sejumlah calon legislatif yang ikut kontestasi pesta demokrasi tahun ini. Pasalnya, perolehan jumlah suara bukannya stagnan atau naik, namun justru terus menurun.

Terlebih sejak proses rekapitulasi terhenti lantaran adanya maintenance Sirekap. Sejak hari pertama rekapitulasi, perolehan suara turun per hari hingga 1000 suara bahkan lebih.

“Hampir hal ini terjadi diseluruh wilayah,” kata Sweet Luvianto, S.Sos salah satu Caleg PKS DPRD Provinsi Jateng ini saat ditemui di lokasi penghitungan suara di Batang, Rabu (21/2/2024).

“Kami sangat menyayangkan dan berharap proses rekapitulasi berjalan dengan baik, sehingga tercipta Pemilu yang baik pula,” imbuhnya.

Dia berharap dengan terhentinya rekapitulasi perolehan suara lantaran adanya maintenance pada Sirekap tersebut. Kedepannya agar dijadikan pembelajaran dalam pelaksanaan Pemilu. “Masyarakat itu sekarang jauh lebih mampu membaca, hal ini menjadi edukasi dalam berpolitik,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Luluk warga Bawang Batang ini juga mengaku turut mengapresiasi pelaksanaan pesta demokrasi saat pemungutan suara Pemilu 2024 hingga proses rekapitulasi di tingkat PPK telah berjalan dengan baik.

Sementara itu, berkaitan dengan informasi dan laporan di lapangan pihak Panwascam telah melakukan tugasnya sejak sehari sebelum proses rekapitulasi di tingkat PPK dilaksanakan. “Iya kita terus melakukan tugas pengawasan. Memang Pemilu tahun ini berbeda, yang dibacakan adalah C hasil rekapitulasi,” kata Nahdudin, Ketua panwascam Bawang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PPK Bawang, Ali Mudahin mengungkapkan jika proses upload ke Sirekap lebih lancar dibanding sebelumnya. “Dulu pada hari Minggu itu sering down, sekarang sudah lancar,” kata dia saat ditemui di lokasi rekapitulasi suara, Rabu (21/2).

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Batang, Susanto Waluyo saat dimintai konfirmasi terkait hal itu, membenarkan hal itu. Pihaknya mengawasi langsung proses rekapitulasi di beberapa kecamatan dan mengamati proses tersebut berjalan lancar.

“Proses rekapitulasi di beberapa kecamatan berjalan dengan baik setelah dilakukan pemeliharaan pada Si Rekap. Saya pastikan data yang dimasukkan ke dalam Sirekap sesuai dengan yang dikeluarkan oleh C Hasil. Semoga proses ini selesai dengan baik di setiap kecamatan,” kata Susanto.

Sebelumnya, proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 sempat dihentikan sesuai instruksi dari KPU pusat. Hal tersebut berkenaan dengan adanya maintenance Sirekap yang sempat mengalami kendala. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini