Duh, 6 Ekor Kambing Milik Warga di Magelang Raib Dicuri, Rencananya Disiapkan Untuk Hewan Kurban

Kandang kambing milik Karyati warga Dusun Pucungan, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, yang disatroni maling, Selasa (11/6/2024) Foto : Istimewa

Magelang (sigijateng.id) – Setidaknya enam ekor kambing milik seorang warga di Pucungan, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, raib digondol maling. Kejadian tersebut diketahui oleh pemilik kambing Sigit Susilo Hartanto (57) pada Selasa (11/6) pagi.

Soal kambingnya hilang dicuri, Istri Sigit, Karyati (51) mengatakan awalnya mereka punya delapan kambing. Enam ekor kambing yang dicuri itu terdiri dari dua kambing jantan dan empat kambing betina.

Salah satu kambing jantan yang dicuri itu sedianya disiapkan untuk hewan kurban saat Idul Adha. Adapun empat kambing betina yang dicuri kondisinya sedang bunting.

Dari enam ekor kambing yang raib tersebut, dua di antaranya jenis peranakan etawa (PE) dan sisanya jenis bligon. Hilangnya enam kambing itu diketahui sekitar pukul 05.20 WIB.

“Tadi malam jam 10-an kambing kecil keluar (kandang), tapi sudah dimasukkan. (Kemalingan) Jam berapa nggak tahu. Tahu-tahu pagi tadi kambing ngembret (mengembik) terus menerus. Setelah dilihat kandang sudah kosong,” kata Karyati kepada wartawan, Selasa (11/6/2024).

Akibat peristiwa pencurian itu, Karyati sekarang tinggal memiliki dua ekor kambing.

“Yang hilang jantan dua, betina empat, lagi bunting semua. Dua pejantan itu, salah satunya mau disembelih besok buat kurban sendiri. Biasanya setiap tahun kalau bisa satu ekor (kurban) punya sendiri,” ujar Karyati.

Karyati belum bisa menaksir berapa total kerugiannya akibat pencurian tersebut. Dia telah mengadu ke Polsek Borobudur.

“Lapor polisi langsung jam 6 pagi. Rekaman CCTV semalam ada mobil Grand Max silver berhenti (pelat nomor tidak kelihatan), arah ke sana (arah ke Kulon Progo),” kata dia.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Borobudur AKP Marsodik saat dikonfirmasi membenarkan adanya persitiwa kabar pencurian enam ekor kambing tersebut.

“Betul bahwa tadi malam di Dusun Pucungan, Desa Candirejo, telah terjadi pencurian hewan ternak kambing milik Sigit. Yang mana jumlah kambing (yang dicuri) itu ada enam ekor, dua jantan, empat betina,” kata dia melalui pesan singkat.

“Masih dalam penyelidikan, nanti apabila ada perkembangan saya beri tahu,” tutupnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini