Monumen Jenderal Hoegeng Di Kota Pekalongan Diresmikan, Inspirasi Bagi Polri dan Masyarakat

Kapolri bersama Panglima TNI resmikan Monumen Jenderal Hoegeng Iman Santoso di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Sabtu (11/11/2023) sore. Foto : Istimewa

Pekalongan (sigijateng.id) – Kapolri bersama Panglima TNI resmikan Monumen Jenderal Hoegeng Iman Santoso di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Sabtu (11/11/2023) sore.

Keberadaan monumen polisi yang melegenda karena keberanian dan kejujurannya tersebut diharapkan bisa terus menginspirasi bagi anggota Polri dan masyarakat.

Monumen Jenderal Hoegeng dibangun di area Stadion Hoegeng, Kota Pekalongan, tepatnya di depan pintu utama stadion kebanggaan kota batik ini. Dipilihnya kota Pekalongan karena merupakan kota kelahiran Jenderal Hoegeng.

Dalam sambutannya Kapolda Jateng Irjen pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., SH mengatakan, Jenderal Hoegeng patut jadi teladan bagi seluruh generasi penerus bangsa. 

“Beliau merupakan sosok yang patut dicontoh tidak hanya kepolisian tetapi lapisan masyarakat,” ujarnya sebagaimana dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (11/11/2023).

Dalam kesempatan ini juga Kapolda Jateng juga menekankan dihadapan Kapolri terkait Netralitas dan kesiapan pengamanan Pemilu 2023-2024.

Terlihat Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Rama Hoegeng, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana serta Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid turut hadir dan naik ke atas panggung untuk bersama-sama Kapolri dan Panglima TNI menekan tombol panda peresmian.

Acara tersebut juga dihadiri secara virtual oleh Merry Roeslani atau Meri Hoegeng, istri Jenderal Hoegeng Iman Santoso. Eyang Meri, sapaan akrabnya, menyaksikan peresmian Monumen Jenderal Hoegeng Iman Santoso dari kediamannya di Jakarta bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto.

Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si serta Laksamana Yudo berkesempatan melakukan penandatanganan prasasti Monumen Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso.

Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. mengatakan teladan yang diwariskan Hoegeng akan selalu dijalankan untuk menjadikan Polri institusi yang dicintai masyarakat. “Banyak nilai-nilai yang diajarkan dan diberikan demi kemajuan bangsa dan institusi Polri,” pungkas Kapolri. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini