Menelusuri Jejak Tilas Perjuangan Rasulullah SAW di Kota Madinah Al Munawarah

Salah satu masjid Nabawi di kota Madinah Al Munawaroh kini sebagai pusat peradaban dan syiar agama islam sepanjang zaman hingga kini. Foto : vian/sigijateng.id

Madinah (sigijateng.id) – Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang disegani dan panutan hakiki bagi umat Muslim. Perjuangan hidupnya dalam menyebarkan agama Islam dan ajaran Allah SWT menjadi teladan para mukmin.

Perjuangan baginda nabi Muhammad SAW dalam mensyiarkan agama islam di tanah suci Arab Saudi memiliki sejarah dan catatan yang cukup panjang. Selain Makkah, tempat kelahiran Nabi Muhammad dan selama 13 tahun mengajarkan Islam.

Ada salah satu wilayah yang masih di Arab Saudi yakni Kota Madinah Al Munawwarah juga memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan baginda Rasulullah SAW. Di kota ini, Nabi Muhammad SAW berdakwah selama 10 tahun mampu membuat Islam menjadi besar.

Bahkan dari kegigihannya dan kesabarannya dalam mensyiarkan dakwah agama Islam tersebut, pernah berada dalam puncak kegemilangan. Sepeninggal Rasulullah SAW yang wafat, Madinah tetap menjadi pusat perjuangan dan dakwah Islam.

Salah satu masjid Nabawi di kota Madinah Al Munawaroh kini sebagai pusat peradaban dan syiar agama islam sepanjang zaman hingga kini. Foto : vian/sigijateng.id

Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Ali Thalib semakin menyebarkan ajaran tauhid ke berbagai penjuru dunia.

Hal itu tentu sangatlah wajar, jika kota Madinah tidak bisa dilepaskan dari perjuangan Muhammad SAW akan syiar (dakwah) agama Islam kala itu hingga saat ini.

Berikut catatan sigijateng.id yang bisa dihimpun langsung dari kota Madinah Al Munawaroh terkait beberapa banyak tempat berkaitan dengan Sirah Nabi Muhammad SAW. Diantaranya adalah :

1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan pusat syiar Islam di Kota Madinah. Nabi Muhammad SAW menjadi Masjid Nabawi sebagai pusat kegiatan kaum muslimin. Nabi Muhammad SAW sering berinteraksi dengan para sahabat di Masjid Nabawi dan juga sebagai majlis ta’lim.

Rumah Nabi Muhammad Saw pun berada di lingkungan Masjid Nabawi yang kini menjadi Makan Nabi SAW, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab.

2. Makan Nabi Muhammad

Masih di lingkungan Masjid Nabawi terdapat Nabi Muhammad SAW bersama dua orang sahabat tercinta, Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Jamaah yang melaksanakan salat di Masjid Nabawi, tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi makan Nabi Muhammad Saw tersebut.

3. Raudhah

Tempat di Masjid Nabawi yang tidak pernah lepas dari perhatian kaum muslimin adalah Raudhah yang tepat bersebelahan dengan makan Nabi Muhammad SAW. Kaum muslimin meyakini Raudhah merupakan salah satu tempat mustajabnya doa.

Raudhah diyakini sebagai taman surga tempat diijabahnya doa. Tidak aneh jika banyak sekali ummat Islam di seluruh penjuru dunia ingin sekali masuk ke Raudhah saat mengunjungi Kota Madinah.

4. Makan Baqi

Salah satunya tempat yang juga erat dengan Sirah Nabi adalah makan Baqi yang berada di sebelah timur Masjid Nabawi. Selain sahabat, keluarga Rasulullah juga dimakamkan di Makam Baqi yakni istrinya Aisyah RA juga puteranya Ibrahim serta tiga puterinya Fatimah A-Zahra, Ruqayyah, dan Ummi Kultsum.

5. Masjid Quba

Setelah hijrah ke Madinah, salah satu tempat yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW adalah Masjid Quba. Masjid ini berada sekitar 5 km ke arah Tenggara Kota Madinah.

Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW. Tah bedanya dengan Masjid Nabawi, Masjid Quba juga menjadi salah satu primadona tempat yang selalu dikunjungi para peziarah khsusunya jemaah umrah dan haji.

Untuk diketahui, selama dakwah di Madinah, Rasulullah SAW melakukan perjanjian untuk memperkokoh posisi kaum muslimin dari gangguan penduduk asli, bangsa Arab, maupun Yahudi.

Hal ini juga dilakukan tak lain untuk menjaga stabilitas di Madinah. Perjanjian tersebut kemudian melahirkan Piagam Madinah. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini