Mahasiswa KKN MIT-16 Posko 09 Ikuti Kegiatan PJN di Ngijo

Pelaksanaan apel di rumah Bu Nia, RW 2 dihadiri oleh Lurah Ngijo dan Bhabinkamtibmas. (foto tim KKN)

SIGIJATENG.ID – Dalam rangka menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa KKN MIT-16 Posko 09 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo berpartisipasi dalam program Jentik Nyamuk di RT 5 RW 2, Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati.

Program ini sebagai bagian dari salah satu program yang sudah berjalan di tengah masyarakat Kelurahan Ngijo. Tepat pada Jumat, (14/7/2023) kegiatan ini diawali dengan apel terlebih dahulu di rumah RW 2, Nia dengan dihadiri oleh Lurah Ngijo, Lilis Puji Astuti, Bhabinkamtibmas, Arry Aryanto, dan beberapa penyelenggara PJN RT 5 RW 2.

Sistem dari pelaksanaan program Jentik Nyamuk ini dilakukan secara door-to-door. Dalam hal ini mahasiswa KKN, yang bertugas dalam melakukan pengecekan terkait ada tidaknya jentik nyamuk di dalam bak mandi.

Adanya kegiatan program Jentik Nyamuk tidak lain dan tidak bukan guna memberikan kesadaran dalam diri masyarakat mengenai esensi menjaga kebersihan.

Sebagaimana ini senada dengan pernyataan salah satu warga RW 2, Nurul Nafijaleh.

“Bagus juga program Jentik Nyamuk ini, masyarakat jadi lebih menjaga kebersihan, kesehatan pun juga terjaga,” tuturnya.

Salah satu petugas Forum Kesehatan Keluarga (FKK), Sri Ismiyati menyebut bahwa pelaksanaan program Jentik Nyamuk biasanya dilakukan dalam rentang sebulan sekali.

“Program PJN ini sebetulnya ada 2, yang mandiri seminggu sekali. Tapi kalo dari FKK itu sendiri, ya sebulan sekali,” ucapnya.

Berkenaan dengan respons masyarakat dalam menanggapi program PJN, Sri menambahkan bahwa masyarakat antusias dalam melakukan PJN secara mandiri. Terlebih ini merupakan bagian dari program kelurahan, masyarakat semangat dalam mengikutinya.

“Yah, masyarakat seneng terus antusias juga ngikutin program, tambah semangat,” pungkasnya. (Marwa*/)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini