Jangan Sembarangan! 5 Barang ini Tak Boleh Diletakkan atau Disimpan di Atas Kulkas

Jangan Sembarangan! 5 Barang ini Tak Boleh Diletakkan atau Disimpan di Atas Kulkas (Foto: pixabay)

SIGIJATENG.ID – Sebagian orang masih ada yang menaruh beberapa barang di atas kulkas. Sebab, ruang kosong diatas kulkas tampak seperti tempat yang sangat baik untuk meletakkan suatu barang.

Padahal, menyimpan barang-barang di atas kulkas dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan dan mendatangkan beberapa risiko buruk. Pasalnya, barang-barang yang disimpan di atas kulkas dapat menghalangi ventilasi alat yang memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga isi kulkas tetap dingin.

Menaruh barang di atas kulkas juga membuatnya lebih mungkin dicolokkan ke stopkontak yang sama dengan kulkas, yang dapat membebani sirkuit.

Untuk itu, jangan sembarang menaruh barang di atas kulkas, terlebih barang tersebut berukuran yang lumayan besar atau mengandung zat tertentu yang bisa mempengaruhi fungsi kulkas.

Dilansir dari Bobvila, berikut 5 barang yang tidak boleh diletakkan di atas kulkas:

  1. Produk pembersih

Jangan pernah menaruh produk pembersih di atas kulkas. Sebab hal itu beresiko signifikan serta perlu disimpan di tempat berventilasi baik, kering, dan tidak dapat diakses anak-anak.

  1. Obat-obatan

Barang selanjutnya yang tidak boleh diletakkan di atas kulkas adalah obat-obatan, baik itu tablet, cairan, maupun inhaler. Sebab, panas yang terperangkap dapat mempengaruhi potensinya dan suhu tertentu bisa mengubah bentuk molekul bahan aktifnya atau menyebabkan penguraian obat.

Selain itu, semua obat semestinya harus disimpan sesuai dengan petunjuk pada label untuk memastikannya dalam kondisi baik.

  1. Minuman Keras

Minuman keras biasanya dikemas dalam botol kaca yang tidak mudah pecah. Namun, saat pecah, pecahan kaca dan cairan tersebut akan menimbulkan bahaya di dapur.

Cairan dari botol yang pecah atau bocor dapat menggenang di belakang kulkas atau tumpah ke komponen listrik. Ini dapat mendatangkan risiko korsleting listrik.

Untuk mencegah risiko buruk ini, sebaiknya menyimpan botol-botol minuman di ruang penyimpanan bagian bawah dan jauh dari sumber listrik atau peralatan elektronik.

  1. Kertas dalam berbagai bentuk (Buku, Majalah, Koran, dll)

Tak jarang, ada beberapa orang yang menaruh buku, majalah, atau koran di atas kulkas. Biasanya saat usai membaca dan ingin mengambil minuman di dalam kulkas, orang akan meletakkan buku bacaannya sementara di atas kulkas. Namun, bukannya diambil dan diletakkan pada tempatnya, justru malah lupa dan membiarkan buku bacaan tersebut di atas kulkas.

Menyimpan banyak barang berbahan kertas, terutama yang lebih berat seperti buku, akan membatasi aliran udara yang dibutuhkan kulkas untuk bekerja secara efisien.

Aliran udara yang lebih sedikit membuat kulkas menarik lebih banyak energi untuk menjaga makanan tetap dingin dan meningkatkan tagihan listrik. Selain itu, lembaran kertas yang longgar dan ringan cenderung jatuh dari kulkas serta tersesat di belakangnya.

  1. Barang yang mudah pecah

Barang yang terbuat dari kaca, porselen, keramik, maupun bahan yang mudah pecah lainnya, menyimpan benda-benda yang jarang digunakan ini di atas kulkas adalah bahaya besar.

Setiap kali membuka dan menutup kulkas dapat menyebabkan barang-barang di atasnya bergeser. Seiring waktu, gerakan yang cukup dan bantuan gravitasi itu bisa membuat benda-benda tersebut jatuh, yang akhirnya menyebabkan kerusakan dan mengenai kaki.

Apalagi jika di rumah ada anak-anak yang notabene sering lari kesana kemari, sehingga menaruh barang yang mudah pecah di atas kulkas perlu dihindari.

Nah itulah 5 barang yang sebaiknya jangan disimpan atau diletakkan di atas kulkas. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini