8 Fakta Menarik Anjing Havanese, Mudah Dilatih dan Termasuk Anjing Sosial

8 Fakta Menarik Anjing Havanese, Mudah Dilatih dan Termasuk Anjing Sosial (Foto: freepik)

SIGIJATENG.ID – Havanese adalah anjing kecil yang kuat dengan kaki pendek dan gaya berjalan yang lincah. Anjing ini memiliki bulu panjang, lembut, dan lebat, yang biasanya bergelombang. Anjing ini ceria dan penuh kasih sayang kepada pemiliknya sehingga suka berada di sisi pemiliknya sepanjang hari.

Anjing yang waspada ini akan memberi tahu pemiliknya jika ada orang asing yang mendekat, sehingga sangat cocok dijadikan anjing penjaga.

Anjing ini memiliki bulu halus yang bergelombang dan berwarna putih, krem, coklat, atau abu-abu. Selain itu, Anjing ini juga memiliki lapisan bulu atau rambut ganda dengan tekstur yang ringan untuk melindungi dari cuaca hangat, seperti di Kuba, tetapi tidak melindungi dari cuaca dingin.

Bulu Bichon Havanais tidak sering mengalami pergantian atau kerontokan dan bau yang dihasilkan juga minimum karena tidak banyak menghasilkan minyak. Umumnya anjing ini memiliki sifat yang tenang (tidak banyak menggonggong), pintar, mudah dilatih, dan dapat hidup akur dengan anjing lain.

Hal itu tentu membuat Havanese tidak hanya menjadi anjing peliharaan yang menyenangkan, tapi juga tambahan luar biasa untuk keluarga mana pun.

Sama dengan ras lainnya, anjing Havanese memiliki sejumlah keistimewaan dan hal menarik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 8 fakta menarik anjing Havanese yang perlu kamu ketahui.

  1. Havanese anjing nasional Kuba

Bichon Havanais adalah ras anjing kecil yang berasal dari Mediterania dan dibawa ke Kuba dengan kapal dagang. Di negara asalnya, ras anjing ini disebut sebagai Bichon Habanero atau Bichon Havanese.

  1. Anjing paling sosial di dunia

Salah satu fakta menarik anjing Havanese yang luar biasa adalah sangat setia dan sosial. Anjing kecil ini akan mengalami kecemasan perpisahan saat ditinggal cukup lama lama pemiliknya. Oleh karena itu, anjing Havanese tidak boleh ditinggal sendirian untuk waktu lama.

Anjing ini sama sekali tidak cocok menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari di rumah sendirian. Jadi, jika kamu tidak dapat menghabiskan hampir setiap jam setiap hari bersama sahabat bulu, hindari memelihara anjing Havanese.

Meski begitu, sisi positifnya, hal ini menyiratkan anjing Havanese termasuk anjing-anjing terbaik di dunia. Karena ikatan dengan pemiliknya, anjing Havanese sangat dicintai dan setia.

  1. Mudah dilatih

Havanese sangat cerdas, bersemangat, dan mereka mudah dilatih selama kamu melatih dengan menggunakan metode yang positif. Havanese bisa menjadi jenis yang sensitif, jadi harus berhati-hati untuk tidak memarahi mereka dengan kasar.

Latih mereka dengan tenang ke berbagai tempat untuk bertemu orang dan lingkungan baru, selalu pastikan bahwa pengalamannya positif dan tidak mengintimidasi. Pelatihan yang lembut dan sabar akan menghasilkan anjing pendamping yang luar biasa. Mereka pengasih dengan manusia dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan non-agresif lainnya.

  1. Dikembangkan dari spesies anjing yang telah punah

Selanjutnya, fakta menarik anjing Havanese adalah keturunan dari anjing Blanquito de la Habana dan Bichón tenerife yang kini telah punah. Keduanya merupakan anjing taring yang kecil dan lucu.

Havanese, yang umumnya dikenal sebagai “anjing putih kecil Havana”, dapat ditelusuri kembali ke Blanquito de la Habana yang asli, anjing nasional Kuba.

Blanquito merupakan keturunan dari Bichon tenerife yang kini telah punah. Anjing Havanese modern dapat ditelusuri kembali ke hibrida Blanquito dan Pudel. Ini berarti bahwa nenek moyang anjing Havanese mencakup Tenerife dan Kuba. Anjing Havanese saat ini adalah salah satu ras mainan yang paling menggemaskan serta mudah bergaul.

  1. Populasi asli Havanese di AS sempat hanya 11 ekor

Anjing Havanese berlayar dari Tenerife ke Kuba dan segera menyebar ke seluruh pulau. Anjing yang ramah dan setia ini sangat dicintai orang Kuba.

Beberapa orang kaya di Kuba yang melarikan diri ke Amerika Serikat selama Revolusi Kuba diizinkan membawa hewan peliharaan mereka yang menggemaskan. Jumlah anjing Havanese di seluruh dunia pada 1970-an saat itu hanya sekitar 11 ekor. Salah satu hal paling menarik tentang anjing Havanese adalah dari hampir 200 ras anjing, saat ini Havanese menduduki peringkat sebagai salah satu dari 25 ras anjing terpopuler di negara ini.

  1. Perawatan yang Khusus

Bulu Havanese yang panjang, lembut, dan halus perlu dirapikan setiap hari agar bebas dari kusut. Ini dapat dilakukan dengan menyisir lembut atau menyisir anjing dengan lembut saat ia berada di pangkuanmu.

Pemilik hewan peliharaan sering kali memilih agar bulu anjingnya dipotong pendek untuk mengurangi waktu perawatan. Havanese juga harus mandi sesekali sesuai kebutuhan.

Sudut mata harus dibersihkan dengan lembut setiap hari untuk mencegah noda air mata pada rambut berwarna cerah di area tersebut. Periksa telinga sesering mungkin untuk menghilangkan kotoran berlebih atau kotoran yang menumpuk, dan seka bagian dalam penutup telinga dengan kain kasa atau handuk yang sedikit dibasahi.

  1. Bukan anjing iklim dingin yang baik

Meski memiliki bulu panjang, anjing Havenese tidak cocok untuk iklim yang lebih dingin. Lantas, mengapa anjing Havenese memiliki bulu begitu panjang dan halus?

Kuba dan Tenerife, tempat asal anjing Havanese, memiliki iklim tropis. Bulu panjang anjing ini pada dasarnya berfungsi sebagai tabir surya dan elemen pendingin saat cuaca terlalu panas.

Maka itu, hindari mencukur bulu anjing Havanese pada musim dingin karena dapat membuatnya sangat kedinginan.

  1. Rentan Alami Kelebihan Berat Badan

Havanese sebaiknya diberi makanan anjing berkualitas tinggi yang sesuai dengan usianya (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa Havanese rentan mengalami kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badan anjing kamu.

Jika kamu memilih untuk memberi cemilan pada anjing Havanese, lakukan dengan tidak berlebihan. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Terutama hindari tulang yang dimasak dan makanan dengan kandungan lemak tinggi.

Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Kamu perlu menanyakan kepada dokter hewan jika memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Havanese kamu.

Nah itulah 8 fakta menarik tentang Anjing Havanese. Buat kamu yang ingin memelihara anjing jenis ini, sebaiknya kamu pahami dulu ya tentannya. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini