Akan Digelar Pertunjukan Wayang Malam 1 Suro, Warga Bersama Mahasiswa KKN Bersih-bersih Tugu Suharto

Warga Bersama tim KKN UIN Walisongo sedang kerja bakti resik-resuk Tugu Suharto menyambut malam 1 Suro. (tim kkn)

SIGIJATENG.ID – Warga bersama Mahasiswa KKN MIT-16 UIN Walisongo Semarang posko 17 kelurahan Bendan Duwur, kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang bergotong royong resik-resik (bersi-bersih) di Kawasan Tugu Suharto.

Kerja bakti itu dilakukan pada Kamis (13/7/2023) dalam rangka menyambut malam 1 Suro atau Muharram, yang akan berlangsung Selasa (18/7/2023) malam.

Seperti diketahui, sudah menjadi tradisi, setiap malam Suro, Tugu Suharto akan dipenuhi orang yang datang dari berbagai daerah.

Lokasi kerja bakti ini dilakukan masuk wilayah RW 4, Kelurahan Bendan Duwur. Tugu Suharto Sendiri berada di tepi sungai sekaligus di bawah Jembatan.

Kegiatan bersih-bersih ini dipimpin langsung oleh Fauzi Ketua Rw 4 kelurahan Bendan Duwur Semarang.

Fauzi mengatakan, kerja bakti bersih-bersih ini memang sengaja dilakukan dengan tujuan untuk menyambut Malam 1 Suro. Karena pada Malam 1 Suro nanti akan diadakan pergelaran wayang kulit sebagai puncak menyambut malam 1 Muharram/Suro. Lokasi pertunjukan wayang berada di dekat Tugu Suharto.

“Biasanya ketika jam 12 malam di puncak malam 1 Suro warga setempat melakukan ritual kungkum/mandi di sungai dengan mengharap keberkahan untuk mendapatkan jodoh, dagangannya laris dan lain sebagainya bagi masyarakat yang mempercayainya,” kata Fauzi selaku ketua Rw 4.

Menurut Suroyo, salah satu warga, Tugu Suharto ini dulunya merupakan petilasan presiden RI ke-2 yakni bapak Suharto. “Dahulu, konon, lokasi ini merupakan tempat istirahatnya pak Suharto, kemudian dikenal dengan Tugu Suharto,” kata Suroyo.

Kerja bakti tidak hanya dilakukan oleh warga masyarakat setempat dan Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang tetapi juga dibantu oleh polsek Gajah Mungkur.

Menurut pengakuan Panca selaku BHABINKAMTIBMAS, bahwa terjunnya kepolisian untuk membantu warga setempat, karena perintah dari Mabes Polri untuk melakukan kebersihan lingkungan terutama terkait sampah yang ada di lingkungannya.

“Ada surat perintah dari Mabes Polri pada jam 12 malam untuk esok harinya terkait kebersihan lingkungan terutama masalah sampah, jadi kebetulan di Tugu Suharto akan ada acara untuk menyambut malam 1 Muharram/Suro, sehingga anggota kepolisian diterjunkan di Tugu Suharto untuk membantu warga masyarakat setempat,” kata Panca.

Kerja bakti dimulai dengan memotong rumput, kemudian memungut sampah yang berserakan di sekitar Tugu Suharto. Hingga pada akhirnya tempat yang tadinya penuh sampah dan ditumbuhi rumput-rumput yang panjang menjadi bersih dan asri dan siap untuk mengadakan pergelaran wayang kulit guna menyambut malam 1 Muharram/Suro. (erni/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini