Pemerintah Bagikan Kompor Listrik Gratis, Tapi Daya 450 VA Naik Jadi 3.500 VA

Ilustrasi – Kompor Listrik Foto. pixabay.com

Jakarta (Sigijateng.id) – Pemerintah akan membagikan kompor listrik gratis kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mengkonversikan dari kompor LPG ke kompor induksi. Namun, saat mendapat kompor listrik, maka daya listrik akan dinaikkan.

Untuk diketahui, paket kompor listrik atau induksi gratis yang diberikan terdiri dari tipe 2 tungku dengan daya 1.000 Watt dan daya 1.800 Watt, dengan sasaran penerima paket ini adalah rumah tangga kecil dengan daya 450 VA, 900 VA, dan usaha mikro.

BUMN sosialisasi penggunaan kompor induksi. Foto :bumn.go.id

Selain itu penerima paket akan dibantu untuk mendapatkan penyesuaian daya listrik secara gratis tanpa menaikkan daya kontrak dengan tarif subsidi seperti semula.

“Terobosan yang kita lakukan adalah mengganti Miniatur Circuit Breaker (MCB) nya dari 450 VA menjadi 3.500VA, dan 900 VA menjadi 4.400VA. Kita khusus untuk program ini, nanti untuk keluarga yang memang berhak menerima subsidi ini, otomatis tarifnya mengikuti harga subsidi,“ kata Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana.

Program konversi kompor LPG ke kompor induksi dilakukan untuk mendukung program pemerintah terkait Ketahanan Energi Nasional melalui program pengalihan energi berbasis impor menjadi energi berbasis domestik.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PLN (Persero) melakukan uji coba konversi kompor LPG ke kompor listrik atau induksi. Uji coba ini dilakukan di Solo (Jawa Tengah) dan Denpasar (Bali) .

Dadan Kusdiana menjelaskan guna mematangkan program tersebut, PLN membagikan paket kompor induksi kepada masyarakat.

“PLN sedang melakukan uji coba di dua kota, masing-masing 1.000 keluarga penerima manfaat di Denpasar dan Solo. Kita mempelajari keberterimaan terhadap kompor induksi ini,“ ujarnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini