Profil Seniman Djawahir Muhammad Meninggal Dunia Malam Jumat

Djawahir Muhammad. ( foto youtube)

SEMARANG (sigijateng.id) – Seniman Semarang Djawahir Muhammad meninggal dunia di RSND (Rumah Sakit Nasional Diponegoro), Tembalang, Semarang malam Jumat atau Kamis, 22 September 2022, pukul 20.20.

Kepergian almarhum Djawahir Muhammad yang juga mantan anggota Fraksi PPP DPRD Jateng untuk selama-lamanya membuat kalangan seniman merasa kehilangan.

Dikatakan Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) Gunoto Saparie, almarhum Djawahir Muhammad menderita sakit stroke beberapa tahun terakhir ini. Akibatnya, aktivitas dan kreativitasnya di bidang kesenian, terutama sastra dan teater, terkendala.

Djawahir adalah salah seorang pendiri DKJT pada tahun 1993 bersama antara lain Prof Ir Eko Budihardjo MSc, Drs Yudiono KS SU, Drs Soetrisman MSc, dan Dr. Bambang Sadono. Di DKJT Djawahir sempat menjabat ketua bidang kreativitas dan sekretaris umum.

“Bahkan tesis S-2 Djawahir di Universitas Negeri Semarang adalah manajemen kesenian dengan studi kasus DKJT. Semangat akademis dan intelektual almarhum patut dipuji. Sayang malam sebelum ia ujian S-3 almarhum terserang stroke,” katanya.

Pada tahun 1970-an Djawahir Muhammad mendirikan Teater Kuncup dan tahun 1980-an mendirikan Teater Aktor Studio. Sejumlah even kesenian monumental telah membuat Semarang yang gersang akan kesenian menjadi hidup dan bergairah.

“Dalam sejarah kesenian di Semarang, apa yang dilakukan Djawahir dengan Semarang alam Sajak, Pesta Hujan, dan Festival Bambu, patut dicatat. Ia juga orang yang secara otodidak belajar tentang sejarah dan budaya Semarang, meskipun belum setotal Amen Budiman,” katanya seraya menambahkan, jika almarhum sempat menjadi anggota Komisi E DPRD Jateng dari PPP dan Humas Unissula.

Profil Djawahir Muhammad

Nama ngekap: Dr. H. Djawahir Muhammad, M.Pd.

Tempat Lahir Kota Semarang

Tanggal : Lahir 14 Januari 1954.

Organisasi, :Sekretaris Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah, Dewan Evaluasi Kota (DEK) Jawa Tengah, anggota DP2K Semarang, Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah, Biro Informasi dan Jaringan Masjid – Dewan Masjid Indonesia Jawa Tengah. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Museum Perkembangan Islam Masjid Agung Jawa Tengah, Kepala Sanggar Batik Semarang.

Alamat tempat tinggal: Jalan Tandang Ijen RT 012 RT 011 Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Kota Semarang.

Pekerjaan : Sastrawan, penulis, budayawan, sejarawan

Namanya dikenal melalui karya-karya sastranya berupa skenario drama, puisi, cerita pendek, esei, yang dipublikasikan di sejumlah surat kabar di Indonesia.

Sejak usia muda sudah menggeluti dunia kesenian utamanya teater dan sastra.

Di ranah sastra, dia mengekspresikan gagasannya melalui karya-karya puisi yang dipublikasikan di sejumlah surat kabar di Indonesia.

Sedangkan di ranah teater, dia merupakan pendiri dari kelompok Teater Kuncup dan Teater Aktor Studio yang mulai berkiprah sejak dasawarsa 1980-an. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here