Kapolri Sebut 23 Pintu Tol Rawan Terjadi Kepadatan Lalu Lintas Saat Mudik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto : polri.go.id

Jakarta (Sigijateng.id) –  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, ada 23 pintu tol yang menjadi titik rawan kepadatan lalu lintas saat arus mudik lebaran. “Ada 23 gate tol yang rawan terjadi kepadatan,” kata Sigit saat rapat koordinasi lintas sektor di Mabes Polri, Kamis (14/4/2022).

Kemudian, puluhan tol tersebut tersebar di ruas Tol Trans Jawa. Lokasi terbanyak di wilayah Jawa Barat.

Ilustrasi suasana jalan tol. Foto : dok.jasa marga

“Di mana wilayah Banten ada dua, wilayah Jakarta atau Polda Metro ada dua gate tol, kemudian wilayah Jawa Barat ada tujuh, Jawa Tengah ada enam, dan Jawa Timur juga ada enam,” tuturnya.

Selain itu, Sigit mengungkapkan bahwa pada saat mulai terjadi peningkatan itu akan menjadi masalah karena adanya perubahan lajur.

“Dari 4 lajur menjadi 2 di ruas jalan Tol Tangerang-Merak kilometer 26. Kemudian arah Cikampek mulai kilometer 48 sampai kilometer 50 ada perubahan lajur menjadi 3 jalur,” ucapnya.

Tidak hanya itu, kemudian di Tol Cikampek kilometer 31-37 ada perubahan dari empat lajur menjadi tiga lajur.

“Arah Jakarta dan sebaliknya enam lajur menjadi tiga lajur. Pada saat arus balik nanti dan di kilometer 54 dari lima lajur menjadi tiga lajur,” ujar Sigit.

Oleh karena itu Sigit meminta kepada pihaknya terkait potensi perlambatan dan juga potensi kemacetan harus diurai mengingat tahun ini akan terjadi mudik yang sangat besar.

“Saya harapkan ini semua dipersiapkan sehingga kemudian masyarakat bisa betul-betul kita berikan kemudahan pada saat masyarakat akan melakukan mudik,” ungkapnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini