Inilah Daftar Nominasi Kategori Film Cerita Panjang Terbaik Festival Film Indonesia 2022

    Poster nominasi film cerita panjang terbaik. Foto : twitter festivalfimid

    SIGIJATENG.ID – Festival Film Indonesia 2022 adalah perhelatan ajang Festival Film Indonesia yang ke-42, diselenggarakan oleh Badan Perfilman Indonesia dan Kemendikbud-ristek RI.

    Festival Film Indonesia 2022 bertajuk ‘Perempuan: Citra, Karya, & Karsa’. Penyelenggaraan Festival Film Indonesia bukan sekadar melahirkan proses kompetisi, tetapi juga sebagai peta untuk membaca dinamika perfilman Indonesia.

    Salah satu dinamika yang tergambar adalah andil besar perempuan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia. Oleh karena itu, FFI 2022 digelar dengan mengangkat tema “Perempuan: Citra, Karya & Karsa”.

    Kata Citra melambangkan keindahan perempuan yang abadi, kata Karya melambangkan ciptaan yang lahir, dan kata Karsa melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan. Perempuan sebagai insan adalah sumber kelahiran, sedangkan perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber kelahiran karya.

    Malam Anugerah FFI 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 22 November 2022. Kategori Film Cerita Panjang Terbaik ada Autobiograph, Before, Now & Then, Mencuri Raden Saleh, Ngeri-Ngeri Sedap dan Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas.

    Selanjutnya untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik ada Atas Nama Daun, Ininnawa: An Island Calling, Mencari Ibu, The Tone Wheels dan Segudang Wajah Para Penantang Masa Depan. Sedangkan untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik Arswendy Bening Swara, Elang El Gibran, Reza Rahadian, Rukman Rosadi dan Slamet Rahardjo Djarot.

    Penulis Skenario Adaptasi Terbaik ada Alim Sudio untuk film Losmen Bu Broto dan Miracle in Cell no 7, Edwin dan Eka Kurniawan untuk film Seperti Dendam, Rindu dan Harus Dibayar Tuntas, kemudian sutradara Kamila Andini dan Ahda Imran Before, Now and Then dan ada sutrada Titien Wattimena untuk film Noktah Merah Perkawinan.

    Salah satu yang menarik ialah dalam kategori Pemeran Utama Pria dan Perempuan Terbaik persaingannya tak kalah seru. Kevin Ardilova, Marthino Lio, Oka Antara, Bio One, dan Vino G Bastian menjadi nama-nama yang disebutkan dalam kategori tersebut. Vino G Bastian menjadi satu-satunya nomine yang sebelumnya pernah meraih Piala Citra di kategori Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2021. Sementara di kategori aktris, Ladya Cheryl kembali masuk ke dalam nominasi setelah lama vakum di dunia film.

    Anda dapat ikut berpatisipasi dengan mendukung aktris, aktor dan film kesayangan melalui laman resmi FFI https://www.festivalfilm.id/vote . (akhida)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini