Gerakan Pramuka Kwarcab Kendal Kirim 20 Orang Peserta Ikuti Jamnas XI di Buper Cibubur, Begini Pesan Wabup

Para peserta Jambore Nasional XI dari Kwarcab Pramuka Kabupaten Kendal, bersama Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, di Gedung Abdi Praja, Sabtu (6/8/2022). Foto: Kwarcab Pramuka Kendal

Kendal (Sigijateng.id) – Perwakilan kontingen jambore daerah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kendal, berangkat mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, 12-21 Agustus 2022 mendatang.

Pelepasan kontingen Kwarcab Kabupaten Kendal yang mengirimkan 20 orang, dari SMP/MTs dan Ponpes di Kabupaten Kendal tersebut digelar di Gedung Abdi Praja Setda Kendal, Sabtu (6/8/2022).

Mereka yakni, SMPN 2 Kendal (1), SMPN 1 Kaliwungu (2 siswa), SMPN 2 Kaliwungu (1), SMPN 3 Kaliwungu (1), SMPN 1 Brangsong (1), SMPN 2 Brangsong (1), SMPN 1 Weleri (1), SMPN 2 Weleri (1), SMPN 2 Patebon (1), SMPN 3 Patebon (1), SMPN 1 Boja (1), SMPN 2 Boja (1), MTsN 2 Kendal (2 siswa), SMP Pondok Modern (1) dan MTs Darul Amanah (4).

Acara pelepasan dihadiri Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Kendal Prapto Utono, Pj Sekda Kendal Sugiono, dan para pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Kendal, serta para Kepala Sekolah dan para peserta.

Wabup Kendal Windu Suko Basuki mengatakan, pihaknya menyambut gembira partisipasi Pramuka Kabupaten Kendal pada pelaksanaan kegiatan Jamnas di Bumi Perkemahan Cibubur, 12-21 Agustus 2022 mendatang.

Menurutnya, kegiatan adalah kegiatan rekreasi sekaligus edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang, yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian.

“Keikutsertaan kalian pada kegiatan Jambore Nasional, merupakan kesempatan emas yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kita bisa membuktikan bahwasannya Kendal adalah kabupatennya pramuka, dan jalinlah kebersamaan dan persahabatan yang baik dalam bersikap maupun saat berinteraksi dengan sesama anggota pramuka dari Kendal maupun luar daerah, serta harus bisa menjaga kekompakan dan berusahalah semaksimal mungkin untuk bisa membawa nama harum daerah kita yang tercinta ini di tingkat nasional,” pesannya saat memberikan sambutan.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Kendal, Prapto Utono berharap, dalam kegiatan Jamnas XI ini, dapat membentuk karakter pramuka sejati.

“Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, di antaranya yaitu upacara, keagaaman atau spiritual, wisata edukasi, kebangsaan dan bela negara, kegiatan anggota dewasa, keterampilan, kepramukaan, teknologi kepramukaan, seni dan budaya, festival, perayaan, pengabdian masyarakat, seminar dan lokakarya, peringatan Hari Pramuka, dan peringatan hari kemerdekaan,” papar Tono sapaan akrabnya.

Berbagai kegiatan dalam Jamnas XI di Cihubur ini, diharapkan memberikan inspirasi bagi para peserta, khususnya dari Kabupaten Kendal.

“Terlebih, kegiatan tersebut diikuti Pramuka Penggalang dengan latar belakang pendidikan setingkat SMP dari seluruh Indonesia. Sehingga diharapkan menjadi momentum terjalinnya komunikasi yang baik antara anak bangsa,” kata Tono sapaan akrabnya.

Dalam kegiatan ini, Kwartir Daerah Jawa Tengah total mengirimkan kontingen sejumlah 740 orang. Dengan rincian 560 orang peserta dari 35 Kwarcab, masing-masing 16 orang Pramuka Penggalang Garuda, dan empat orang Pramuka berkebutuhan khusus. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini