1 Meninggal dan 7 Orang Dilarikan ke RS Akibat Sumur Bor PLTP Geo Dipa Dieng Bocor dan Meledak

Sumur bor di Pembangkit Listrik Tenaga Panas atau PLTP Geo Dipa di wilayah Dieng mengalami kebocoran dan meledak. (Foto : Dok.sigijateng)

Banjarnegara (Sigi Jateng) – Sumur bor Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi atau PLTP Geo Dipa di kawasan Dieng, Banjarnegara, dikabarkan mengalami kebocoran, pada Sabtu (12/3/2022). Peristiwa meledaknya sumur bor PLTP Geo Dipa di wilayah Dieng mengakibatkan sejumlah orang dilarikan ke rumah sakit.

Berdasarkan dari data yang diperoleh, jumlah korban yang dilarikan ke RSUD ada sebanyak 8 orang.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto pun ke sana untuk mengecek kondisi para korban. Sementara itu, korban meninggal dunia 1 orang. Korban meninggal diketahui atas nama Lili Marsudi.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto, pihaknya yang sudah berada di tempat kejadian langsung melokalisasi. “Tim kami di lokasi sudah melokalisir dan melakukan sterilisasi sumur yang meledak,” katanya.

AKBP Hendri menyebutkan, saat ini pihaknya masih melakukan olah TKP. “Masih melakukan olah TKP. Perkembangan selanjutnya akan segera kami update,” tuturnya.

Sebelumnya, kabar menyebut sumur bor PLTP Geo Dipa sempat meledak akibat kebocoran yang terjadi viral usai videonya diunggah Instagram @instabanjarnegara.

Menurut penuturan salah satu warga Batur, Dieng, Zen mengungkapkan, lokasi kejadian berada di unit 28 yang sedang dilakukan servis. “Benar, jadi di unit 28 itu sedang dilakukan servisnya dan beberapa karyawan memang itu sudah lama tidak di servis,” ujarnya.

Akibatnya kebocoran tersebut, satu korban meninggal dunia dan enam lainnya mengalami kejang – kejang. “Tadi katanya ada 6 sementara, sudah di puskesmas dan kemudian dilarikan ke RSUD Banjarnegara,” imbuhnya.

Kejadian tersebut diduga akibat kebocoran gas H12 dengan konsentrasi tinggi. Namun, Zen memastikan gas tersebut tidak menyebar ke wilayah sekitarnya. “Dipastikan wilayah sekitarnya aman, dieng tidak terdampak dan aman. Lokasi wisata juga aman,” pungkasnya,

Sementara terkait detail penyabab dan kronologi kebocoran sumur bor PLTP Geo Dipa masih menunggu informasi dari pihak terkait. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini