Upst! Viral Video Relawan Pemakaman ini Panggul Jenazah COVID-19 Dengan Susur Sungai

Relawan pemakaman COVID-19 di Wonogiri terabas sungai dan susuri pematang sawah demi makamkan pasien COVID-19 Foto: dok. BPBD Wonogiri

Wonogiri (Sigi Jateng) – Viral sebuah video pemakaman diduga pasien virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Wonogiri, menjadi sorotan. Dalam video tersebut tampak petugas mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap menyusuri sungai hingga pematang sawah untuk memakamkan jenazah covid-19.

Bahkan, dalam video yang berdurasi sekitar 6 menit itu tampak belasan relawan berpakaian APD lengkap menurunkan satu peti dari ambulans. Peti jenazah itu kemudian dipanggul oleh enam petugas, sementara empat petugas lain terlihat membawa perlengkapan pemakaman.

Dalam video tersebut juga terlihat jalur yang dilalui menuju permakaman cukup ekstrem. Petugas harus menyeberangi sungai sembari memanggul peti jenazah hingga melewati pematang sawah yang sempit.

Tak hanya itu, akses jalan menuju area permakaman juga menanjak. Video perjuangan para petugas pemakaman jenazah itu pun beredar viral di media sosial.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, membenarkan materi video viral tersebut. Bambang menyebut video tersebut merupakan dokumentasi kegiatan BPBD Wonogiri.

“Video itu dari teman-teman BPBD. Sebetulnya tidak hanya sekali itu, yang harus jalan satu kilometer ada beberapa kali. Bahkan banyak yang dilakukan malam hari sehingga minim penerangan,” kata Bambang, kepada wartawan seperti dikutip detikcom, Kamis (24/6/2021).

Bambang menerangkan video itu merupakan salah satu upaya mengedukasi masyarakat tentang COVID-19. Pihaknya berharap masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Sebetulnya pemakaman di satu sisi menjadi sarana edukasi dan sosialisasi untuk membuktikan bahwa COVID itu ada. Bukan menakut-nakuti, tapi itulah realita yang harus dipahami masyarakat bahwa COVID itu bisa menyerang siapa saja,” jelasnya.

“Harapannya, kita kembalikan kepada mereka (masyarakat) bahwa untuk menjadi sehat dan tidak terpapar itu salah satunya bagaimana kita menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan apapun,” imbuhnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini