Tanah Gerak di Solo Akibatkan Satu Rumah di Kadipiro Roboh

Rumah roboh akibat tanah gerak di Kadipiro, Banjarsari, Solo, Jumat (19/02/2021).

SOLO (Sigi Jateng) – Sebuah Rumah di kampung Combong, RT 05/ RW 01, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo, pada Jumat sore (19/02/2021) roboh. Rumah tersebut roboh akibat tanah gerak, karena posisi bangunan rumah yang berada di samping sungai.

Rumah yang roboh akibat tanah gerak ini adalah milik Sumarno, yang kesehariannya bekerja sebagai Tukang Tambal Ban. Berdasarkan informasi, tanah mulai gerak sejak tiga hari yang lalu dan muncul tanda-tanda keretakan tanah di sekitar bangunan rumah. Kemudian, pada Kamis (18/02/2021) sekitar pukul 18.00 wib, Sumarno mulai pindah karena takut rumah yang ditempatinya akan roboh.

” Ini tiga hari yang lalu mas, itu mulai ada keretakan di belakang rumah, di bibir sungai itu mas, terus mulai jam 6 kemarin bapak itu sudah mulai pindah karena khawatir rumah akan roboh,” terang, Novi Setyoko, selaku anak dari pemilik rumah.

Rumah milik Sumarno ini mulai roboh pada Jumat siang, setelah sebelumnya pada pukul 02.00 wib dini hari, rumah mulai doyong atau miring.

” Mulai jam 2 pagi tadi, rumah mulai doyong, terus kurang lebih jam 9, BPBD mulai kesini, terus tadi sekitar jam 3an rumah ambruk,” ujarnya.

Novi setyoko menjelaskan bahwa dirinya berencana untuk kembali mendirikan rumah di atas tanah tersebut, karena tak memiliki tempat lain lagi untuk tempat tinggal. Akibat peristiwa ini, mereka kini mengungsi sementara di rumah saudara yang ada di sekitaran lokasi tersebut.

” Langkah selanjutnya pindah dulu, karena nggak punya tempat tinggal disini. Kemungkinan nanti akan membangun rumah lagi disini, karena nggak ada tempat lain dan ini satu-satunya untuk tempat tinggal,” jelasnya. (Raditya Hermansyah)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini