Ribuan Napi Lapas Semarang Dapatkan Suntik Vaksinasi Kedua

Suasana vaksinasi kedua di Lapas Kelas I Semarang. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menyelenggarakan vaksin kedua bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun petugas dan keluarga pegawai Lapas, Selasa (31/8/2021).

Bertempat di aula kunjungan “Joglo Ageng” Lapas Semarang, vaksin digelar mulai pukul 08.00 WIB dengan pengeluaran narapidana secara bertahan setiap bloknya untuk menghindari kerumunan.

Kepala Lapas Semarang sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mengatakan program vaksinasi kedua tersebut digelar bagi sebanyak 1.479 WBP di Lapas Semarang.

“Program vaksinasi ini kerjasama dengan Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro. Vaksinnya dapat bantuan langsung dari Pemprov Jateng. Kami targetkan 1479 narapidana dapat terselesaikan dalam waktu sehari untuk vaksin kedua,” jelas Supriyanto.

Supriyanto menambahkan selain vaksin kedua, hari ini Lapas Semarang juga melayani vaksin pertama untuk 212 narapidana.

“Kami juga masih melayani vaksin pertama, karena masih ada tahanan penyidik yang baru masuk dari pihak aparat penegak hukum yang baru dikirim ke lapas serta pegawai maupun keluarga pegawai lapas yang belum di vaksin,” tambah Kalapas.

Sebelumnya Lapas Semarang telah menyelenggarakan vaksinasi pertama kepada 1543 untuk jenis Sinovac pada tanggal 31 Juli lalu.

Supriyanto menambahkan Lapas sangat terbantu dengan adanya program vaksinasi tersebut. Jumlah warga binaan di dalam lapas sudah overload sehingga sangat rentan penyebaran covid di Lapas.

“Apresiasi yang luar biasa kami ucapkan kepada Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro yang telah menyelenggarakan program vaksin ini dengan sangat baik. Semoga dengan vaksin ini bisa melindungi diri kita serta terhindar dari pandemi covid-19,” harapnya.

Sementara itu, salah satu warga binaan mengaku lega dan senang bisa vaksin di Lapas.

“Alhamdulillah bisa mendapatkan vaksin pertama maupun kedua di Lapas. Dengan harapan semoga semua diberikan kesehatan. Amin ,” ungkapnya.

Dia juga mengaku tidak khawatir dengan vaksin yang diberikan karena dengan vaksin setidaknya bisa memperkuat imunitas tubuh. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini