Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah, Gunakan Tapping Box

SIGIJATENG.ID, Demak – Untuk memenuhi Target PAD Kabupaten Demak pada tahun 2020 sebesar Rp 403 milyar, Pemerintah Kabupaten Demak menerima bantuan berupa 50 alat monitoring transaksi usaha (tapping box) dari Bank Jateng Cabang Kabupaten Demak. Hal itu terungkap saat Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto memberikan sambutan pada Sosialisasi “Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Dan Pengawasan Wajib Pajak Secara Elektronik Di Kabupaten Demak” di Gradhika Bina Praja, Jum’at (20/12).

Dijelaskan Joko Sutanto, bantuan tersebut rencananya akan dipasang di mesin kasir para pelaku usaha di Kabupaten Demak. Seperti hotel, restoran, rumah makan dan tempat usaha lainnya. Pemasangan tapping box tersebut merupakan salah satu wujud keterbukaan pemerintah kabupaten dalam mengelola pajak pendapatan daerah. Tapping box akan mampu mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah.

“Selain itu, dengan tapping box pendapatan asli daerah, dari sektor pajak bisa lebih maksimal. Karena keberadaan alat ini diharapkan mampu meminimalisir kecurangan lapor wajib pajak,” kata Joko Sutanto.

Di Kabupaten Demak, lanjut Wabup, tahun 2019, dari total Rp 373 milyar potensi PAD, lebih dari Rp 50 milyar rupiah diperoleh dari pajak. Perolehan tersebut rata-rata mengalami peningkatan sekitar 10-15% tiap tahunnya.
“Perolehan pajak ini akan dikembalikan ke daerah dalam bentuk pembangunan infrastrusktur, pendidikan, kesehatan dan keagamaan,” pungkasnya.

Kepala BPKPAD Kabupaten Demak Suhasbukit, SH., MM mengatakan bahwa pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Klaim kecelakaan Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan dan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Marbot Masjid.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejaksaan Negeri Demak Thesar Yudi Prasetya, SH., MH., Kasatgas Pencegahan korwil V KPK RI Kunto Ariawan, Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes serta Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Cabang semarang majapahit Suwilan Rahmat. (Rr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini