Awas!!, Jumlah Orang Stres Akan Meningkat Paska Pemiilu

sigijateng.id  Semarang – Sebanyak 52 Rumah Sakit di wilayah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah siap menampung para pasien gangguan jiwa. Tak terkecuali kesiapan tersebut juga untuk mengatasi dampak penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berpotensi membuat para calon legislatif mengalami depresi.

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan,  untuk penanganan dan pengobatan para pasien gangguan kejiwaan tidak hanya dilakukan di Rumah Sakit Jiwa, namun juga bisa dilakukan di RS lain milik pemerintah. 

“Kita juga belum bisa memberikan perintah kepada tiap pengelola rumah sakit untuk menambah jumlah bangsal khusus pasien gangguan kejiwaan. Sebab, kita belum punya satu pun basis data untuk menguatkan layanan tersebut,” ujarnya, Kamis (10/1/2018).

Terkait surat edaran, pihaknya mengaku belum bisa memberikan imbauan kepada pengelola rumah sakit. Walau demikian, dirinya mengaku RS sudah siap melayani bila ada orang dengan gejala gangguan kejiwaan ingin berobat.

Ditanya menyoal kerasnya pertarungan politik di Pemilu 2019 besok, Menurutnya, tidak menutup kemungkinan depresi akan dialami oleh para peserta pemilu. “Tidak menutup kemungkinan orang yang gagal meraih cita-citanya mengalami gangguan jiwa seperti depresi. Sementara ini kita belum punya avidance base untuk melacak hal itu,” tukasnya. (ris/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here