Rekruitmen PPK untuk Pilkada 2024, KPU Kendal : Sudah Ada 266 Orang Pelamar, Kami Tunggu Terakhir Hari Ini

Ilustrasi. Foto : Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mulai melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 dengan rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hingga saat ini, sudah ada 266 orang yang mendaftar sebagai PPK.

“Sekarang sedang tahap rekrutmen PPK Se Kabupaten Kendal. Hari ini hari terakhir, kami tunggu pendaftaran sampai pukul 23.59 WIB,” kata ketua KPU Kabupaten Kendal, Khasanudin, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (29/4).

Ia menyebut kebutuhan PPK di Kabupaten Kendal mencapai 100 PPK atau lima PPK tiap kecamatan. Kabupaten Kendal memiliki 20 kecamatan.

Khasanudin menyebut bahwa rekrutmen PPK Kabupaten Kendal juga berisikan dengan rekrutmen PPS. Pendaftaran PPS mulai berlangsung pada 2-8 Mei 2024.

Ia menyebut pada prinsipnya tugas badan adhoc (PPK) sama antar pemilu dan pilkada. Hal yang membedakan adalah jumlah surat suara dan jumlah TPS.

“Pemilu kemarin dengan 5 jenis surat suara sedangkan sekarang pilkada dengan 2 jenis surat suara yaitu pemilihan Bupati dan wakil bupati dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” jelasnya.

Ia menjelaskan dengan surat suara yang hanya dua berimplikasi pada penambahan jumlah pemilih tiap TPS (DPT). Sehingga akan ada pemetaan ulang TPS dan berakibat TPS semakin sedikit.

Adapun untuk tahapan selanjutnya antara lain 5 mei 2024 pendaftaran calon perseorangan. Pengumuman Pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati pada 24-26 Agustus2024.

“Kemudian pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati 27-29 Agustus 2024,” jelasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini