Pra HANI 2024, BNN Kendal Gelar Senam Bersama Bersinar di Plantungan Kendal, Ini Harapannya

BNN Kendal menggelar senam bersama bersinar di halaman kecamatan Plantungan Kendal, Jumat (14/6/2024). Foto: vian/sigijateng.id

Kendal (sigijateng.id) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal menggelar senam bersama bersinar di halaman Kecamatan Plantungan, Jumat (14/6). Kegiatan itu diikuti seluruh pegawai BNN Kendal, forkompimcam Plantungan, instansi terkait dan masyarakat sekitar.

Kepala BNN Kabupaten Kendal, Anna Setyawati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian pra peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2024. Bertema “Masyarakat Bergerak Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar”.

“Tema tersebut menekankan pada pentingnya kolaborasi dan partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam upaya memberantas narkoba,” kata Anna saat dtemui sigijateng.id di sela kegiatan.

Anna menyampaikan jika HANI yang jatuh setiap tanggal 26 Juni merupakan momen penting dan dirayakan di seluruh dunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkotika dan dampak negatifnya terhadap kesehatan, ekonomi, serta sosial.

“Disini BNNK Kendal berkomitmen mengambil peran aktif dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui serangkaian kegiatan edukatif dan partisipatif yang diselenggarakan dalam rangka HANI 2024,” terang dia.

Dijelaskan, bahwa BNN Kendal mengambil peran sebagai fasilitator dan pemimpin dalam menggalang kerjasama antara pemerintah, organisasi non pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat umum. “Kesadaran kolektif dan upaya bersama diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bebas dari penyalahgunaan narkoba,” jelas Anna.

“Selain senam bersama bersinar, juga melakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba, Komunikasi Informasi dan Edukasi P4GN, Konseling, Layanan Rehabilitasi, Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan,” imbuhnya.

Penyuluh yang juga divisi pencegahan narkoba BNN Kendal, Sapto Nugroho menambahkan bahwa serangkaian peringatan HANI 2024 di Kendal, nantinya ada juga kegiatan deklarasi masyarakat pesisir menolak narkoba yang akan dilaksanakan di Pantai Sendang Si Kucing.  

Kemudian ada pagelaran seni ketoprak yang akan dimainkan oleh para kepala sekolah MKKS Kabupaten Kendal, launching buku puisi bahaya narkoba, deklarasi sekolah bersinar yang diikuti 34 SMA se Kabupaten Kendal serta puncak kegiatan pelaksanaan donor darah.

Sementara itu, Camat Plantungan M Muchorobin HS menyambut baik kegiatan pra HANI 2024 melalui senam bersama bersinar dilaksanakan di wilayahnya. Menurutnya, kegiatan ini sekaligus sebagai sarana silaturahim dan mensinergikan upaya pemberantasan narkoba.

“Kami menyambut baik acara ini, ini wujud nyata bahwa Plantungan sangat solid dalam memberantas dan mencegah peredaran narkoba,” kata mas Robin sapaan akrabnya.

Pada kesempatan yang sama, Kalapas Kelas II A Kendal, Prayitno mengatakan bahwa penyalahgunaan narkoba berujung di lapas. Kejahatan yang paling kejam adalah bahaya narkoba. “Pra HANI 2024 in menjadi momen bersama dalam memutus dan mencegah penyalahgunaan narkoba. Semoga generasi dan masyarakat kita bebas, bersih dari narkoba,” tandasnya.  (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini