Makna dan Filosofi Maskot Pilkada Batang 2025 ‘Lek Liman’, Menginspirasi Arca Ganesha Silurah Wonotunggal

Peluncuran maskot bersama Tagline, dan Jingle Pilkada Kabupaten Batang 2024 pada Minggu, (26/5) di Jalan Veteran Batang, Foto : Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang menetapkan maskot untuk Pilkada 2024 dengan menginsipirasi sebuah Arca Ganesha yang ada di Silurah Kecamatan Wonotunggal.

Maskot untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Batang 2024 tersebut dengan diberi nama Lek Liman. Peluncuran maskot itu dilakukan bersama Tagline, dan Jingle Pilkada Kabupaten Batang 2024 pada Minggu, (26/5) di Jalan Veteran Batang.

“Lek Liman dipilih sebagai maskot karena merepresentasikan kearifan lokal di Batang,” kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Batang, Khikmatun.

Arti kata “Lek” adalah panggilan umum di Jawa Tengah yang berarti paman atau bibi dan digunakan secara universal baik untuk laki-laki maupun perempuan. Sementara itu, “Liman” berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang telah diserap ke dalam Bahasa Indonesia, bermakna gajah.

Selain itu, “Liman” juga merupakan singkatan dari Pemilihan Aman. Lalu karakter Ganesha diharapkan dapat membawa masyarakat Batang menjalani seluruh proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang Tahun 2024 dengan bekal pengetahuan yang luas, cerdas, dan bijaksana.

Ketua KPU Kabupaten Batang, Susanto Waluyo menambahkan tagline KPU Batang adalah Teteg, Jejeg, Mantep!. Tagline ini memiliki makna mendalam yang diharapkan dapat menginspirasi seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan Pilkada Batang 2024.

Teteg menggambarkan tekad, komitmen, dan semangat yang kuat untuk menyelenggarakan Pilbup Batang 2024 dengan sebaik-baiknya dari semua pihak. Jejeg Menunjukkan tegak pada aturan yang berlaku, tidak mudah goyah, dan tetap berintegritas dalam menyelenggarakan Pilbup Batang 2024.

“Mantep yaitu Keyakinan bahwa Pilbup Batang 2024 dengan ridho Tuhan akan berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Untuk jingle Pilkada berjudul Semangat Nyoblos. Jingle ini tidak hanya mengajak masyarakat untuk hadir di TPS pada hari pemilihan, tetapi juga untuk mempertimbangkan pilihannya dengan matang demi masa depan Batang yang lebih baik.

Jingle ini hadir dalam dua versi: versi original bergenre dangdut kekinian yang tengah digemari masyarakat dan versi popdut yang merupakan aransemen ulang dari versi aslinya.

“Lagu ini mudah didengarkan dengan lirik yang sederhana, menjadikannya mudah diikuti secara verbal. Aransemen musiknya juga berhasil mengajak pendengar untuk bergoyang dengan semangat,” tambahnya.

Ia berharap adanya maskot, jingle dan tagline, maka KPU lebih efektif dalam mensosialisasikan Pilbup Batang 2024. Sekaligus membuat seluruh tahapan dan proses Pilkada dirasakan dengan riang gembira oleh seluruh lapisan masyarakat. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini