Penampakan Jersey Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang Telah Resmi Dirilis

Penampakan jersey Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

sigijateng.id – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) secara resmi merilis jersey untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Kini, menarik menilik penampakan jersey kontingen Indonesia tersebut.

Acara peluncuran jersey kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 berlangsung di The Dharmawangsa, Jakarta, pada Kamis (4/7/2024) petang. Koleksi tersebut menggunakan apparel Li-Ning.

Perlengakapan yang dipersiapkan untuk para atlet pada saat bertanding di Olimpiade Paris 2024 pun beragam. Ada T-shirt, short pants, track pants, dan jersey playing kit.

Tiap item-nya menyesuaikan cabang olahraga yang membutuhkan busana berbeda. Contohnya, untuk rowing, gymnastic, atletik, atau bulu tangkis.

Selain itu, terdapat juga beberapa set seragam yang dipakai oleh atlet dan kontingen saat keberangkatan dan kepulangan, ajang resmi lain dan penerimaan medali. Warna yang digunakan merupakan perpaduan merah, putih, dan hitam.

Penampakan jersey Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

Jersey ini merupakan hasil rancangan dari Didit Hediprasetyo. Dia menjadi desainer asal Tanah Air pertama yang berkontribusi langsung dalam pembuatan jersey resmi Tim Merah-Putih di Olimpiade.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, yang hadir langsung dalam acara ini, pun mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan KOI dengan desainer Tanah Air. Kata dia, kerja sama ini dilakukan agar Indonesia tak kalah apik dari segi apparel dibanding negara-negara lain yang menggandeng brand fashion kelas dunia.

“Pertama saya sangat mengapresiasi NOC yang berhasil menggaet mas Didit yang tidak hanya, bagaimana tadi disampaikan bahwa Olimpiade 2024 ini spesial. Karena memang lokasinya itu di Paris. Paris kan memang benchmark-nya dari dunia fashion,” kata Dito.

“Dan memang beberapa minggu ini dimana negara-negara udah reveal semua jerseynya dan tidak main-main menggunakan desainer-desainer kelas atas. Indonesia alhamdulillah kita memiliki mas Didit yang kita ketahui di dunia internasional namanya sangat gemilang untuk desain apparel. Dan ini tadi saya setuju sedikit banyak membuat para atlet kontingen kepercayaan dirinya meningkat,” tambahnya.

Penampakan jersey Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

Dalam kesempatan yang sama, Didit mengungkapkan inspirasi dari desainnya. Dia mengaku terinspirasi dari bendera Merah-Putih yang berkibar.

“Jadi saya menerima tawarin ini karena salah satunya cara saya bisa berkontribusi dan berdedikasi untuk bangsa yang saya cintai ini. Harapannya untuk selalu berjuang dan meraih prestasi serta mengharumkan nama,” ujar Didit.

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari pun tak sabar melihat 29 atlet Indonesia yang lolos ke Paris 2024 untuk tampil mengenakan jersey anyar ini. Dia pun menilai respon netizen Indonesia sangat apik ketika melihat jersey baru ini dipamerkan ke publik lewat media social.

Penampakan jersey Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

“Jadi, desainer itu banyak, tapi yang berani jawab tantangan NOC Indonesia cuma Didit aja. Karena betul yang tadi dibilang, kendalanya itu siapapun yang membuat desain, itu seperti di negara-negara lain, banyak sekali yang di-bully dll karena desainnya,” ucap Raja Sapta Oktohari.

“Tapi, Alhamdulillah saya dalam kesempatan ini ingin berterima kasih sama netizen indonesia karena responnya sangat positif dan itu akan menunjukkan bahwa kita ini bangsa besar yang bisa menghargai kreativitas dan kontribusi anak bangsanya untuk prestasi olahraga terbaik indonesia,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini