Libur Cuti Lebaran 2024, Pelayanan RSUD Batang Dipastikan Tetap Buka

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batang akan tetap buka selama masa cuti bersama Lebaran 2024. Foto : Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batang akan tetap buka selama masa cuti bersama Lebaran 2024 pada 7-15 April 2024. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Penunjang Medis RSUD Batang dr Feria Kurniawati.

Ia mengatakan pelayanan yang paling terpengaruh pada masa cuti Lebaran adalan rawat jalan. Khususnya pasien yang harus minum obat setiap hari semisal pengidap diabetes melitus, penyakit jiwa dan lainnya.

“Namun itu sudah terkondisikan, semua pasien itu dipastikan (saat cuti lebaran) tetap punya obat,” kata dr Feria saat dikonfirmasi pada Selasa (2/4/2024).

Feria menyebut bahwa layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) juga tetap buka. Lalu beberapa layanan lain yang tetap buka antara lain hemodialisa. Pihaknya membuka layanan hemodialisa dua kali dalam sehari.

Pihak rumah sakit juga menyediakan tiga ambulance yang siap operasional. Bagi pasien yang ingin diantar ke lokasi mudik, pihaknya siap mengantar.

Untuk persalinan pihaknya punya tiga dokter spesialis kandungan. Diakuinya memang ada yang cuti. Tapi ketiganya saling berbagi tugas.

Terkait status Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Batang, Feria punya pesan khusus pada masyarakat. Ia berharap warga Batang punya administrasi dasar yaitu KTP dan Kartu Keluarga.

“Karena untuk BPJS Kesehatan kan ada batas waktu pengurusan agar bisa dipakai,” ucapnya.

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Batang, Samuri menambahkan biasanya ada pasien rawat inap yang memaksa pulang saat lebaran. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan itu pada dokter yang merawat pasien itu.

“Tapi jika pasien memaksa kami tidak bisa apa-apa, tapi itu tanggungjawab pasien,” tandasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini