KAI Daop 6 Yogyakarta Intensif Cek Lintasan Kereta, Sambut Libur Lebaran 2024

KAI Daop 6 pengecekan lintas daerah pantauan khusus (dapsus) yang berada di koridor lintas Solobalapan - Goprak. Foto : Istimewa

Yogyakarta (sigijateng.id) – PT KAI Daop 6 Yogyakarta intensifkan pengecekan lintas daerah pantauan khusus (dapsus) yang berada di koridor lintas Solobalapan – Goprak, atau batas wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Langkah ini dilakukan dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api menjelang libur Lebaran 2024.

EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo menuturkan, pengecekan tersebut untuk memastikan kondisi prasarana dan alat operasional agar masyarakat aman dan nyaman selama dalam perjalanan kereta.

“Kami ingin memastikan kondisi prasarana dan alat operasional untuk  menjaga faktor keselamatan perjalanan kereta api,” jelas Bambang, Selasa (2/4).

Daop 6 sendiri telah memetakan daerah-daerah pantauan khusus yang rawan banjir, tanah longsor dan amblesan tanah pada jalur KA. Daerah Pantauan Khusus yang dimaksud adalah, petak jalan Sumberlawang – Goprak ada 2 titik.

“Ada di Km 75+1/9 pantauan longsoran dan Km 77+9 s/d 78+5 pantauan longsoran, dan petak jalan Kalioso – Salem 1 titik di Km 93+5/8 pantauan banjir,” paparnya.

Daop 6 juga secara berkala menyediakan berbagai alat material untuk siaga atau yang biasa disebut AMUS, yang bisa digunakan secara cepat dalam keadaan darurat.

“Kepada seluruh jajaran di lintas agar selalu waspada serta dapat memastikan kehandalan alat dukung operasional dan prasarana sebaik mungkin,” imbuhnya.

Ia juga menginstruksikan agar jajaran dapat memegang teguh budaya keselamatan serta meningkatkan kolaborasi dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan perjalanan KA senantiasa aman. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini