Jelang Hari Raya, Dewan Minta Pemkot Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok

SEMARANG (sigijateng.id) – Jelang momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui dinas terkait menjaga stabilitas harga dan memastikan distribusi kebutuhan bahan pangan ke masyarakat lancar. Sebab, kebutuhan sembako masyarakat makin meningkat untuk merayakan Lebaran bersama keluarga yang sebagian besar akan mudik.

Hal itu disampaikan, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim saat menjadi salah satu narasumber dalam Dialog Interaktif DPRD Kota Semarang bertajuk Menjaga Stabilitas Distribusi Sembako, yang disiarkan melalui salah satu stasiun televisi swasta di Hotel Noormans, Rabu (20/3/2024).

“Jelang Lebaran, tiap tahunnya pasti kebutuhan bahan pangan masyarakat meningkat, karena sebagian besar akan mudik yang merantau dari Jakarta dan kota lainnya pulang ke Semarang, sehingga kebutuhan beras bertambah. Lalu, kebutuhan daging, telur tentu juga ikut akan meningkat,” katanya.

Dia memaparkan, stok kebutuhan pokok tentunya selalu dievaluasi dan dimonitoring oleh pemerintah baik beras, daging, telur, dan bahan pokok lain.

“Kalau nanti pasokan di masyarakat terkendala, sebelum lebaran dipastikan sudah dicek semuanya,” tandasnya

Secara umum, dewan menilai langkah Pemkot Semarang sudah cukup baik guna mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan di pasaran, antara lain melakukan terobosan dengan menggelar pasar murah di sejumlah wilayah yang bekerjasama dengan BUMD atau BUMN untuk membantu masyarakat agar terjangkau.

“Bagaimanapun juga stok bahan pokok jangan sampai kekurangan menjelang Lebaran,” tegasnya.

Dewan juga mengimbau, Pemkot Semarang melalui berbagai instansi saling berkomunikasi untuk menjaga stabilitas harga dan stok. Kami yakin kerjasama juga dilakukan dengan pihak dewan guna melakukan operasi pasar. Jangan sampai terjadi penimbunan, harus diwaspadai beras dan komoditas lainnya jadi langka di pasaran,”katanya (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini