Hari Ini Piala Asia U-23 2024 Dimulai, Nathan Diizinkan Klubnya Tampil Perkuat Indonesia

Nathan Tjoe-A-On siap tampil di Piala Asia U 23 untuk Indonesia. ( foto pssi)

SIGIJATENG.ID – Upaya Ketua Umum PSSI, Erick Thohir melobi klub SC Heerenveen berhasil. Nathan Tjoe-A-On diperbolehkan oleh Eredivisie Belanda tempat pemain belakang tim U-23 bernaung, bermain di Piala Asia U-23 2024 yang akan mulai hari ini Senin 15 April 2024.

Erick mengabarkan bahwa SC Heerenveen melepas Nathan pada 14 April, atau sehari sebelum laga pembuka melawan Qatar. Dikabarkan pemain berusia 22 tahun itu tengah dalam perjalanan menuju Qatar.

“Kami baru mendapat kabar baik bahwa Nathan bisa tampil di Piala Asia U-23. Nathan akan bergabung di Doha tanggal 15 pagi,” ujar Erick dilansir dari laman pssi.org, Senin (15/4/2024).

Indenesia U 23 berada di grup A dan akan menjalani laga perdana melawan Qatar hari ini pukul 22.30 WIB, atau 18.30 waktu setempat.

Kabar bergabungnya Nathan tentu menjadi kabar baik bagi Indonesia. Indonesia berada grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

“Itu artinya PSSI berupaya semaksimal mungkin agar pemain-pemain dapat bergabung, baik pemain dari liga 1, maupun yang bermain di luar negeri. Dan saya bersyukur meski membutuhkan waktu, tapi hampir seluruh pemain dilepas klubnya,” kata Erick.

Pelatih Shin Tae-yong optimistis skuad Garuda Muda dapat meraih poin di laga pembuka. Pelatih asal Korea Selatan tersebut menyatakan semua pemain menunjukkan perkembangan yang bagus dari pemusatan latihan di Uni Emirat Arab (UEA) dan Doha.

“Kami punya pengalaman yang baik. Di Dubai kami menjalani dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan UEA. Performa kami meningkat, kepercayaan diri pemain juga meningkat,” kata Shin Tae-yong.

“Dua laga itu membantu tim kami, saya bisa mengatakan dua uji coba ini bisa mempersiapkan laga khususnya melawan Qatar dan Yordania. Kami melakukan persiapan yang baik sejauh ini,” tambahnya.

Shin Tae-yong mengakui Qatar sebagai tim yang tangguh. Apalagi sejak juara Piala Asia 2019 dan 2023 mereka tim yang kuat.

“Saya rasa tim U-23 Qatar menjadi salah satu tim kuat di turnamen ini.

Tentu saya harus membangun kepercayaan diri para pemain Indonesia agar bisa keluar dari tekanan dan menunjukkan kekuatan kami di ajang ini,” jelas Shin Tae-yong.

BRITA TERKIAT: adwal Siaran Langsung Timnas Indonesia dan Fase Grup Piala Asia U-23 2024, Live RCTI dan iNews TV

Sebelum datang ke Qatar, Indonesia terlebih dahulu melakukan pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada tanggal 1 hingga 10 April 2024. Selama berada di sana skuad Garuda Muda dikalahkan Arab Saudi dengan skor 1-3 dan menang 1-0 atas UEA.

Setelah melawan Qatar, Indonesia menghadapi Australia (18 April) dan Yordania (21 April). Skuad Garuda Muda diharapkan melaju ke babak semifinal, sekaligus menjaga peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 berhak mentas di Olimpiade Paris 2024. Sedangkan posisi empat besar harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea. (asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini