Banyak Daftar Caleg tak Kenal, Warga di Lobang Sangubanyu Bawang Bingung Tentukan Pilihan

Seorang lansia saat memberikan hak suaranya di TPS 03 Lobang Sangubanyu Bawang. Foto : istimewa

Batang (sigijateng.id) – Banyaknya daftar calon legislatif di surat suara yang tidak kenal, warga di Dusun Lobang Sangubanyu Kecamatan Bawang Batang bingung dalam menentukan pilihannya. Hal itu seperti yang terjadi di TPS 03 Desa Sangubanyu Bawang.

Warga mengaku banyak yang tidak mengenal nama maupun sosok yang terdaftar dalam surat suara Pemilu 2024. “Kulo mboten tepang tiyange, nopo malih asmane. (Saya tidak kenal namanya apalagi sosok orangnya-Red). Saya malahan bingung, karena saking banyaknya daftar caleg yang tertera di surat suara,” ujar Zuhri warga setempat.

Meski begitu, lansia berusia 70 tahun ini tetap menggunakan hak pilihnya dan mencoblos sesuai dengan hati nuraninya. “Wau kulo nggih nyoblos  sing ngertos naming capres/cawapres. (Tadi saya juga mencoblos, yang saya kenal capres/cawapres-Red),” tuturnya. 

Hal senada juga diakui warga lainnya. Ngatman (58) mengaku tidak banyak yang kenal dengan calon legislatif yang tertera di surat suara khususnya yang untuk DPD. “Selain tampilan fotonya kecil, namanya juga saya tidak mengenal. Jadi membingungkan karena saking banyaknya caleg,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua PPS Desa Sangubanyu Ratmoko mengatakan di Desa Sangubanyu total DPT ada 2.997 dan tersebar di 14 TPS. Ia menyebut pada awal mau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 06 Dusun Jetis sempat terjadi kekurangan surat suara untuk yang DPD RI. 

“Tapi alhamdulilah petugas dengan cepat langsung melakukan pergeseran surat suara yang kurang tersebut. Ada sekitar 50 an surat suara dan sudah terpenuhi, sehingga proses pemungutan suara berjalan dengan tertib dan lancar,” jelasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini